KesehatanNews

Enam manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh

Enam manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh
Ilustrasi minuman daun sirsak. Foto: alodokter

POPULARITAS.COM – Tidak hanya buahnya, daun sirsak juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat daun sirsak yang paling terkenal dan diyakini banyak orang adalah mencegah kanker. Selain itu, daun sirsak juga bisa mengatasi berbagai kondisi, seperti asam urat dan gangguan pencernaan.

Sirsak atau Annona muricata merupakan tanaman yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Selain buahnya yang lezat untuk dikonsumsi dan kaya nutrisi, daun dari tanaman ini juga sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Manfaat daun sirsak berasal dari kandungan berbagai senyawa antioksidan, seperti flavonoid, tanin, saponin, alkaloid, terpenoid, dan polifenol. Selain itu, ekstrak dari daun sirsak juga banyak diteliti karena diyakini memiliki efek antiradang, antidiare, dan antibakteri, yang bermanfaat untuk kesehatan.

Untuk bisa memperoleh manfaat dari berbagai kandungannya, daun sirsak umumnya dikonsumsi dalam bentuk teh herbal atau suplemen. Adapun beberapa gangguan kesehatan yang dipercaya dapat diatasi dengan mengonsumsi daun sirsak, berikut ini seperti dilansir dari alodokter.com:

1. Menangkal efek paparan radikal bebas
Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam daun sirsak diketahui bermanfaat untuk menangkal efek paparan radikal bebas. Jika terpapar dalam jangka panjang, paparan radikal bebas bisa menimbulkan peradangan yang pada akhirnya merusak jaringan dan organ tubuh.

Dalam jangka panjang, kerusakan jaringan dan organ tubuh akan menyebabkan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan pembuluh darah, katarak, hingga kanker.

2. Mengatasi gangguan pencernaan
Manfaat daun sirsak untuk mengatasi masalah pencernaan diperoleh dari sifat antidiare dan antispasmodik yang dimilikinya. Kedua sifat tersebut berperan untuk membuat otot di saluran cerna menjadi lebih rileks sehingga berbagai gejala beragam gangguan pencernaan, termasuk diare, dapat teratasi.

Oleh sebab itu, ekstrak daun sirsak cocok untuk dikonsumsi oleh penderita masalah pencernaan, salah satunya sindrom iritasi usus besar (IBS).

3. Mengobati asam urat
Manfaat daun sirsak sebagai obat asam urat alami diduga berasal dari kandungan flavonoid yang tinggi di dalamnya. Senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk menghambat pembentukan asam urat.

Tak hanya itu, flavonoid juga dapat meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine sehingga kadar asam urat di dalam tubuh menjadi berkurang. Kedua khasiat tersebut tentunya membuat Anda terhindar dari risiko serangan asam urat.

4. Mengatasi jerawat
Daun sirsak juga bisa digunakan sebagai obat jerawat yang ampuh. Ini berkat berbagai senyawa, seperti flavonoid, alkaloid, saponin, terpenoid, tanin, dan polifenol. Senyawa-senyawa tersebut memiliki efek antibakteri yang mampu mencegah terjadinya infeksi bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.

5. Menurunkan kadar gula darah
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak memiliki efek dalam mengurangi penyerapan gula di usus sehingga kadar gula darah dapat berkurang. Manfaat ini diduga berasal dari kandungan fenol, flavonoid, alkaloid, dan triterpenoid yang ada di dalamnya.

Berkat penelitian tersebut, daun sirsak digadang-gadang dapat menurunkan kadar gula darah pada manusia. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

6. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Daun sirsak dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara, kanker kolorektal, dan kanker pankreas. Hal ini karena daun sirsak mengandung senyawa alami bernama Acetogenins annonaceous yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis kanker tersebut.

Selain itu, daun sirsak juga mengandung flavonoid, tanin, saponin, dan alkaloid, yang memiliki sifat antioksidan. Sifat antioksidan ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang bisa memicu sel-sel sehat menjadi rusak dan menyebabkan beragam penyakit, termasuk kanker.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak manfaat daun sirsak untuk kesehatan, antara lain meningkatkan sistem imun, meredakan sakit kepala, mengatasi insomnia, serta mengobati infeksi kandung kemih.

Namun, perlu diingat, meski diyakini punya segudang manfaat untuk mengobati berbagai penyakit, Anda tidak disarankan untuk menggunakan daun sirsak sebagai satu-satunya metode pengobatan, baik yang diolah menjadi teh maupun suplemen.

Selain itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanan daun sirsak. Nah, bila Anda ingin mendapatkan manfaat daun sirsak dalam bentuk suplemen, pastikan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi medis atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Shares: