News

FAH UIN Ar-Raniry yudisium 137 lulusan

FAH UIN Ar-Raniry yudisium 137 lulusan
Dekan FAH UIN Ar-Raniry, Syarifuddin memimpin yudisium mahasiswa fakultas setempat, Rabu (4/1/2023). Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan 137 lulusan Sarjana Strata Satu (S1) pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023. Prosesi yudisium tersebut dilaksanakan di Aula Lantai III Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Rabu (4/1/2023).

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Syarifuddin dalam amanatnya berharap para lulusan fakultas tersebut di mana pun berada harus memberikan warna dan energi positif, terutama karakter dan nilai-nilai integritas.

Untuk para lulusan, kata Syarifuddin harus memiliki tiga hal yakni integritas, inovasi, dan inspirasi. Karena lulusan yang berintegritas, berkarakter, dan profesional merupakan modal dan bekal bagi lulusan untuk bersaing di dunia kerja.

“Sejatinya pendidikan yang didapatkan selama di kampus berupa hardskill, softskill, karakter maupun integritas adalah modal dan menjadi landasan hidup dalam berkiprah dengan dunia kerja dan masyarakat. Sementara keberuntungan adalah kesempatan plus persiapan,” ungkap Syarifuddin.

Sebelumnya, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Nazaruddin MLIS PhD dalam laporannya menyebutkan pada semester ini, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil menghasilkan lulusan sebanyak 137 orang yang terdiri dari 31 orang laki-laki dan 71 orang perempuan.

Lebih lanjut, Nazar menyebutkan bahwa dari 137 orang calon wisudawan, di antaranya 71 orang lulus pujian, 61 orang memperoleh predikat sangat baik dan 5 orang memperoleh predikat baik.

“Semester ini kita meyudisium calon wisudawan sebanyak 137 lulusan yang terdiri dari Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam sebanyak 36 orang, Prodi Bahasa dan Sastra Arab 27 orang dan 74 orang lulusan dari Prodi Ilmu Perpustakaan,” kata Nazaruddin.

Pada kesempatan tersebut, pimpinan fakultas juga memberikan penghargaan (bungong jaroe) kepada tiga lulusan terbaik yang lulus dengan predikat pujian, masing-masing Novia Adinda dari prodi Ilmu Perpustakaan dengan IPK 3.82, Akmali Fakhriah dari Prodi SKI dengan IPK 3.77 dan Yuni Kisanti dari Prodi BSA dengan IPK 3.66.

Sementara untuk orasi ilmiah disampaikan oleh Fahmi Sofyan, dosen prodi BSA FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang baru saja menyelesaikan doktor di Omdurman Islamic University Sudan.

Shares: