News

Fakta-fakta Menarik Gerhana Matahari Cincin 26 Desember

Gerhana matahari cincin. [Foto: Suara.com]

BANDA ACEH (popularitas.com) – Di pengujung 2019, sebagian wilayah penduduk Bumi bakal disapa Gerhana Matahari Cincin. Sejumlah fakta-fakta menarik terkait fenomena astronomi yang terjadi pada 26 Desember mendatang.

Penyebutan Gerhana Matahari Cincin karena Bulan tidak menutupi Matahari secara sempurna, hal ini yang membedakan dengan Gerhana Matahari Total.

Jarak Bulan dengan Bumi yang berada di titik terjauh (apogee) jadi alasannya. Bulan saat ini rata-rata lebih jauh dari Bumi sehingga ukurannya 3% lebih kecil dari sang Surya bila kita lihat dari daratan.

Ketika posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari dalam satu garis lurus, terciptalah gerhana Matahari. Kejadian gerhana Matahari dipadu dengan Bulan yang sedang berada di titik terjauh Bumi menghasilkan antumbra.

Dari antumbra tersebut, kita yang berada di Bumi dapat menyaksikan ring of fire (cincin api) di langit karena siluet Bulan tampak jelas. Peristiwa alam ini juga disebut annular solar eclipse yang berasal dari kata annulus diambil dari Bahasa Latin yang artinya berbentuk cincin.

Berbeda dengan Gerhana Matahari pada Juli lalu yang terjadi di wilayah lautan, maka gerhana Matahari kali ini berlangsung di daerah padat penduduk.

Space mengatakan bahwa gerhana Matahari akan melintasi jalur sepanjang 142 kilometer yang membentang dari Timur Tengah ke Samudera Pasifik bagian barat.

Masyarakat di wilayah Arab Saudi, Bahrain, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Sri Lanka, Sumatera dan Kalimantan (Indonesia), Singapura, Filipina, hingga Guam dapat menikmati fenomena astronomi tersebut.

Sumber: Detik

Shares: