News

Fataya Almuwahhid santri IQ juara tiga Olimpiade Agama se-Indonesia

Fataya Almuwahhid santri IQ juara tiga Olimpiade Agama se-Indonesia
M. Fataya Almuwahhid santri IQ juara tiga Olimpiade Agama se-Indonesia. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Santri Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar kembali mengharumkan Aceh di kancah nasional. Kali ini prestasi diraih M Fataya Almuwahhid, santri kelas II Madrasah Aliyah Insan Qur’ani pada Olimpiade Agama Tingkat Nasional dengan capaian medali gold.

Ia merupakan satu-satunya peserta yang masuk 10 besar dari Aceh. Dalam ajang bergengsi yang berlangsung sejak 25 Oktober ini, Fataya berhasil juara 3 nasional dengan menjawab 32 soal dengan benar dari total 40 soal yang diajukan.

Keberhasilan Fataya menjawab dengan benar 32 soal membuat ia finis di urutan 3 dengan skor 155. Sementara juara I diraih Achmad Wafir Falachuddin, siswa MAN 2 Malang dengan skor 165 dan juara II Ana Farihatus Sholihah, siswa MA Raudlatul Ulum dengan skor 164.

Keberhasilan Fataya pada ajang bergengsi ini disambut suka cita keluarga besar Dayah Insan Qur’ani yang kembali menambah torehan prestasi demi prestasi santri Dayah Insan Qur’ani.

“Alhamdulillah santri kita Fataya berhasil meraih juara 3 Olimpiade Agama Tingkat Nasional, selamat untuk anak kami telah mengharumkan Aceh dan juga Dayah Insan Qur’ani di kancah nasional, terima kasih atas dedikasinya,” ujar Humas Dayah Insan Qur’ani, Muhammad Nasril, Sabtu (29/10/2022).

Pada ajang ini, kata dia, dimulai dengan proses babak penyisihan, kemudian yang lolos dari penyisihan diikutkan kembali pada babak final.

“Selamat untuk anak kami, tetap semangat dan terus belajar, jangan berhenti di sini, jangan pernah merasa puas, tetaplah bersyukur dan rendah hati, dan mudah mudahan capaian ini juga menjadi motivasi bagi santri lain,” ujarnya.

Sebelumnya, putra dari pasangan Sanaul Khair dan Hastuti Syahnita ini juga sudah beberapa kali meraih juara pada bidang Fahmil Qur’an dalam ajang MTQ tingkat provinsi dan kabupaten di Aceh.

Dia juga merupakan salah satu peserta dari Aceh pada MTQ Nasional 2022 yang diadakan di Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu.

Putra kelahiran Aceh Besar ini tercatat pernah menjadi Juara 1 Fahmil Qur’an MTQ Provinsi Aceh 2022 di Bener Meriah.

Sementara M Fataya, bersyukur atas capaian itu. Ia menyampaikan terima kasih kepada guru dan semua yang telah mendoakan, terutama orang tua dan dewan guru Insan Qur’ani.

“Tanpa doa dan dukungan, mungkin saya tidak bisa mencapai ini,” katanya.

Untuk diketahui, Kompetisi Agama Islam Edutainer Nusantara, NICE (National Islamic Competition of Edutainer) Batch 2 diselenggarakan oleh Lembaga Nasional Edutainer Nusantara. Lomba terdiri dari jenjang SMP dan SMA sederajat, dengan cabang SKI, Bahasa Arab dan PAI (Agama Islam).

M. Fataya Almuwahhid mendaftarkan diri untuk mengikuti olimpiade PAI secara online. Babak penyisihan diadakan pada hari Selasa (25/10) pada 15.30 wib. Hasil penyisihan diumumkan pada hari Rabu (26/10) pada 20.00 WIB.

Pada pengumuman pertama, M. Fataya Almuwahhid berada pada urutan 58 dari 325 peserta yang memenuhi syarat masuk ke babak final.

Babak final diadakan pada hari, Kamis (27/10) pada 15.30 wib melalui CBT dan aplikasi zoom. Hasil dari babak final diumumkan sabtu pagi, 29 Oktober 2022 pukul 10.00 WIB.

“Alhamdulillah Fataya berhasil menempati ranking 3 Nasional dari total 136 peserta yang meraih medali emas,” kata Nasril.

Shares: