News

Fenomena Halo Matahari di Langit Banda Aceh

Terlihat lingkaran cahaya di sekitar matahari yang menurut Badan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merupakan fenomena halo.
Fenomena alam halo matahari di langit Banda Aceh, Selasa 12 Maret 2019. (Foto:Fahzian Aldevan)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Fenomena alam terjadi di langit Kota Banda Aceh, Selasa 12 Maret 2019 sekira pukul 11.30 WIB. Terlihat lingkaran cahaya di sekitar matahari yang menurut Badan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merupakan fenomena halo.

Pantauan di lapangan, beberapa warga Kota Banda Aceh mengabadikan fenomena langka itu. “Kalau dilihat langsung tidak begitu jelas, tapi kalau kita foto jelas kelihatan,” kata Icha, seorang warga yang turut mengabadikan momen tersebut di kawasan Kampung Pineueng.

Kepala Seksi Informasi BMKG, Blang Bintang, Aceh, Zakaria mengatakan, fenomena tersebut merupakan fenomena alam biasa, tidak ada pengaruhnya dengan musim.

“Dalam meteorologi, lingkaran yang berwarna seperti pelangi itu dinamakan halo atau disebut juga Icebow,” kata Zakaria ketika dikonfirmasi.

Menurutnya, halo atau icebow adalah fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dan di sekitar bulan.

“Halo ini muncul oleh adanya awan tinggi yang sangat dingin berupa krital es, yaitu awan cirrus yang tumbuh tegak lurus dengan matahari,” ujarnya.

Cahaya matahari direfleksikan dan dibiaskan oleh permukaan es yang berbentuk batang atau prisma, maka sinar matahari menjadi terpecah beberapa warna seperti pelangi.

“Jadi itu bukan suatu hal yang aneh. BMKG Aceh berharap kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya apabila Halo ini dikait-kaitkan dengan keadaan musim tertentu,” sebutnya. (C-001)

Shares: