News

Filmmaker Aceh Jadi Programmer Pertukaran Film Pendek Indonesia 2021

Proyeksi dari ide filmmaker, yang tercetus dari emosi, harapan dan mimpi-mimpinya. Kreatifitas yang diciptakan filmmaker dalam perannya sebagai bagian dari masyarakat. Dan mereka berasal dari berbagai wilayah Indonesia.

Karya-karya film pendek, kata Edo yang masuk dalam seleksi akan dikelompokkan berdasarkan tema wilayahnya. Sehingga, secara sadar para programmer akan menyusun film-film pendek yang memunculkan ciri khas dari masing-masing wilayah tersebut. Selanjutnya memperlihatkan kekayaan kreativitas, cara berpikir dan kebudayaan masyarakat yang beragam di Indonesia.

Pendaftaran film pendek untuk Indonesia Raja sudah dibuka sejak 25 Januari 2021 kemarin. Kesempatan pendaftaran ini akan dibuka sampai tanggal 27 Februari 2021. Semua film pendek yang masuk akan melalui proses seleksi dan programming. Kemudian keputusan final film-film pendek terpilih akan diumumkan 15 April 2021.

Ini juga ditandai dengan penerbitan katalog Indonesia Raja 2021, sekaligus mengawali masa distribusi program setahun penuh, sampai akhir tahun 2021,

”Walaupun bukan kompetisi, suasana kompetitif tetap terasa. Ada proses seleksi yang ketat. Dan akhirnya ada film-film yang tidak terpilih.Namun untuk yang terpilih, jejaring kerja ini membuka sebuah kesempatan untuk mendapat perhatian lebih banyak lagi dari penonton dan institusi yang mungkin berpengaruh,”

”Perjalanan distribusi sebuah karya film besar pengaruhnya bagi filmmaker. Dengan distribusi yang tepat, sebuah karya film bisa bertemu dengan penonton yang tepat. Akhirnya membuka kemungkinan terhubung pada institusi dan festival yang bisa mendorong karir filmmakernya,” kata Fransiska Prihadi sebagai salah satu inisiator Indonesia Raja.

Shares: