Fisker bangun pabrik mobil listrik di India

POPULARITAS.COM – Perusahaan rintisan (startup) kendaraan listrik Amerika Serikat (AS) Fisker berencana membangun pabrik produksi mobil di India setelah mereka memasarkan mobil sport listrik (Ocean SUV) di negara Asia Selatan melalui jalur impor langsung.

“Pada akhirnya, India akan menggunakan mobil listrik penuh. Mungkin tidak secepat AS, China, atau Eropa, tetapi kami ingin menjadi salah satu yang pertama datang ke sana,” kata Henrik Fisker selaku CEO Fisker dilansir Reuters, Senin (26/9/2022).

Ia memperkirakan, penjualan mobil listrik di India akan meningkat pada tahun 2025-26. Hal itu didukung dengan upaya pemerintah India untuk menaikkan pangsa pasar mobil listrik sebesar 30 persen pada 2030.

Di sisi lain, hal yang menjadi tantangan adalah saat ini penjualan mobil listrik hanya menyumbang 1 persen dari total 3 juta unit penjualan mobil tahunan di India.

Kurangnya infrastruktur dan mahalnya harga baterai menjadi kendala untuk mengembangkan mobil listrik di India.

Selain itu, Tesla selaku pesaing Fisker telah menunda rencana masuk ke India setelah karena persoalan tarif impor. Sebaliknya, Fisker mencoba masuk ke India melalui impor untuk melakukan tes pasar sebelum benar-benar membangun pabrik di sana, demikian Reuters.

“Pada akhirnya, jika Anda ingin memiliki volume yang lebih besar di India, Anda harus mulai membangun kendaraan di sana atau setidaknya melakukan perakitan,” kata Fisker. (ant)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.