News

Forum Geucik Terima Uang Koordinasi Rp 600 Juta dari PT Kirana Saiyo Perkasa

Gaji Kepala Desa di Aceh Barat Daya Rp2,45 juta
Ilustrasi

POPULARITAS.COM – Ketua Forum Geuchik Dewantara, Yusuf Buransyah, membenarkan bahwa pihaknya telah menerima dana senilai Rp 600 juta dari perusahaan PT Kirana Saiyo Perkasa, dan diberikan khusus untuk Forum Geuchik ke 15 desa yang ada di Dewantara.

“Uang itu memang ada tapi belum diberikan sepenuhnya oleh PT Kirana, baru sebagian yang diberikan, hal itu merupakan hasil dari penjualan limbah scrap eks PT Asean Aceh Fertilizer (AAF) hanya 1 persen, diprediksikan uangnya senilai Rp 600 juta, sebenarnya itu biaya koordinasi, mereka berjanji akan memberikan sepenuhnya apabila hasil pekerjaan sudah selesai nanti,” sebut Yusuf Buransyah kepada Popularitas.com, Jumat (28/8/2020).

Lanjutnya, 1 persen itu hanya diberikan ke Geuchik bukan untuk masyarakat, karena masyarakat lingkungan telah diberikan oleh PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) sebanyak 2,5 persen.

“Saya perjelas, di sini warga kerja geuchik pun kerja, sesuai kesepakatan masyarakat diberikan PT PIM 2,5 persen tidak termasuk untuk ke Forum Geuchik, namun Forum Geuchik diberikan biaya koordinasi 1 persen dari PT Kirana dan telah disepakati,” jelasnya lagi.

Disisi lain Ketua Forum Geuchik Dewantara, Yusuf Buransyah membantah bahwa pihaknya sempat terima dana sebelum proses tender terakhir dilaksanakan sebesar Rp 200 juta, uang sebanyak itu diketahuinya berbagai bentuk dukungan ke salah satu perusahaan.

“Saya tidak tau, tapi Forum Geuchik tak menerima uang sebanyak itu, kalau memang ada salah satu Geuchik ada menerima uang itu saya tidak tau juga, nanti saya tanya nanti, tapi setau saya tidak ada yang menerima uang Rp 200 juta selain 1 persen dari hasil penjualan limbah scrap eks PT AAF,” pungkasnya.

Reporter: Rizkita
Editor: Acal

Shares: