News

Gajah mati di Aceh Barat bukan akibat perburuan

Gajah mati di Aceh Barat bukan akibat perburuan
Anak gajah sumatera (elephas maximus sumatranus) berjenis kelamin betina berusia lima tahun ditemukan mati oleh warga lokal di bantaran sungai Krueng Lancong, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat, Selasa (19/12/2023). (ANTARA/HO/Warga)

POPULARITAS.COM – Gajah berjenis kelamin jantan yang ditemukan mati di Gampong Lancong, Sungai Mas, Aceh Barat, diduga bukan akibat perburuan. Hal tersebut diketahui dari hasil olah TKP dari tim yang diturunkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

Kepala BKSDA Aceh, Gunawan Alza, dalam keterangannya, Jumat (22/12/2023) menerangkan, dari hasil olah TKP, pihaknya tidak menemukan adanya tanda kekerasan pada bangkai gajah.

selain itu juga, terangnya lagi, tim juga tidak mendapati adanya benda-benda atau alat-alat yang mencurigakan yang mungkin penyebab kematian gajah tersebut.

“Hasil penemuan tim di lapangan, tidak ditemukan adanya unsur yang memungkinkan gajah tersebut mati akibat perburuan,” katanya dikutip dari laman Antara.

Gunawan menyampaikan, sebelumnya BKSDA Aceh telah menurunkan tim pada (20/12) yang terdiri atas dokter hewan, serta rangers CRU Alue Kuyun dibantu Polsek Sungai Mas untuk melakukan bedah bangkai dan olah TKP penemuan bangkai gajah tersebut.

“Bangkai gajah tersebut ditemukan berada di dalam hutan dengan melewati sungai dengan jarak tempuh sekitar 5 km,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dokter hewan, diketahui bahwa kondisi bangkai gajah sudah mengalami nekrosis (pembusukan organ) dan gajah tersebut berjenis kelamin jantan dengan perkiraan usia sembilan tahun.

Selain itu, BKSDA juga menemukan sepasang gading gajah dengan ukuran 35 cm. Gading bangkai gajah tersebut sudah diamankan oleh tim sesuai prosedur yang berlaku.

Setelah olah TKP, kata Gunawan, tim dokter hewan yang diturunkan mengambil beberapa sampel organ yaitu paru, usus dan feses untuk pemeriksaan laboratorium guna mengetahui penyebab kematian gajah.

“BKSDA Aceh akan terus berkoordinasi dengan Polres Aceh Barat terkait dengan kematian gajah sambil menunggu hasil laboratorium keluar,” ujarnya.

Editor : Muhammad Fadhil

Shares: