NewsTeknologi

Garuda Indonesia sukses terbangkan pesawat berbahan bakar campuran minyak sawit

Garuda Indonesia sukses terbangkan pesawat berbahan bakar campuran minyak sawit
Ilustrasi: Pesawat milik Garuda Indonesia. (ANTARA/Angkasa Pura I/pri.)

POPULARITAS.COM – Pesawat Boeing 737-800 NG milik Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia, sukses membawa 100 penumpang dalam penerbangan perdananya menggunakan bahan bakar campuran minyak sawit.

Pesawat tersebut, terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandar Udara Adi Soemarmo di Jawa tengah yang berjarak 550 km.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dalam keterangannya dikutip dari Xinhua News, Minggu (29/10/2023) mengatakan, penerbangan yang dilakukan pihaknya itu, adalah hal perdana pesawat komersil yang menggunakan bahan bakar campuran minyak sawit.

“Ini pertama kalinya, kami menggunakan biofuel untuk penerbangan komersil. Setelah uji coba, Alhamdulillah berhasil,” katanya.

Bahan bakar jet alternatif ini diproduksi oleh perusahaan energi milik negara, PT Pertamina. Indonesia melakukan uji terbang pertama dengan jenis bahan bakar serupa pada sebuah pesawat pada 2021 lalu.

Sebagai penghasil minyak sawit terbesar di dunia, Indonesia berupaya untuk memperluas penggunaan biofuel demi mengurangi impor bahan bakar.

Editor : Hendro Saky

Shares: