News

Gedung Terminal Tipe B Nagan Raya terbengkalai

Gedung Terminal Tipe B Nagan Raya terbengkalai
Gedung Terminal Tipe B Kabupaten Nagan Raya berlokasi di Desa Ujong Fatihah, Kecamatan Kuala, Ahad (10/4/2022). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Nagan Raya hingga kini belum bisa memanfaatkan sepenuhnya Gedung Terminal Bus Tipe B senilai miliaran rupiah bantuan pemerintah pusat, yang sudah tuntas dibangun sejak tahun 2015 lalu.

“Terminal ini belum bisa digunakan karena belum ada serah terima dengan pemerintah daerah sejak selesai di bangun beberapa tahun lalu,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Mahdali, dikutip dari laman Antara, Senin (11/4/2022).

Ia menjelaskan, bangunan Gedung Terminal Tipe B berlokasi di kawasan Desa Ujong Fatihah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh tersebut saat ini masih menjadi milik Pemerintah Aceh.

Kata Mahdali, belum bisa digunakannya gedung tersebut karena status tanahnya masih belum sempurna karena saat dibangun beberapa tahun lalu, lokasi tanah tersebut belum memiliki sertifikat resmi dari Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Nagan Raya.

Sehingga bangunan tersebut hingga kini belum bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat, dan kemudian menjadi rusak akibat tidak adanya perawatan.

Mahdali mengakui pihaknya beberapa hari lalu sudah menggelar rapat dengan Dinas Perhubungan Provinsi Aceh di Banda Aceh terkait status Terminal Tipe B Kabupaten Nagan Raya, yang saat ini dalam kondisi memprihatinkan.

Dalam rapat tersebut, kata dia, pihak Dinas Perhubungan Provinsi Aceh akan segera turun ke Kabupaten Nagan Raya, guna melakukan pendataan asset termasuk asset terminal dimaksud.

“Kami memohon kepada masyarakat agar bersabar, karena status bangunan terminal ini masih menjadi kewenangan provinsi, belum ada penyerahan ke daerah,” demikian Mahdali.

Shares: