HeadlineNews

Gelar Teuku disematkan di depan nama Ganjar Pranowo

Saat berkunjung ke Aceh, persisnya di Kota Lhokseumawe, Ganjar Pranowo mendapatkan gelar Teuku. Penyematan gelar itu, diberikan oleh Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) daerah itu, dengan sebuah kopiah meukutop, dan rencong, Gubernur Jawa Tengah itu, resmi menyandang gelar Teuku.
Gelar Teuku disematkan didepan nama Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo saat memakai kopiah Aceh. Foto: HO

POPULARITAS.COM – Saat berkunjung ke Aceh, persisnya di Kota Lhokseumawe, Ganjar Pranowo mendapatkan gelar Teuku. Penyematan gelar itu, diberikan oleh Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) daerah itu, dengan sebuah kopiah meukutop, dan rencong, Gubernur Jawa Tengah itu, resmi menyandang gelar Teuku.

Nama politisi PDIP itu pun menjadi Teuku Ganjar Pranowo, dalam kunjungan mantan anggota DPR RI itu ke provinsi ujung barat Sumatera tersebut.

Kehadiran Ganjar ke Kota Lhokseumawe, Sabtu (9/4/2022), atas undangan Rektor Unimal Herman Fitra, terkait dengan pengukuhannya sebagai guru besar di kampus itu.

Pemberikan gelar Teuku sendiri, dilangsungkan di rumah Rektor Unimal Herman Fitra, dan diberikan langsung oleh Ketua MAA kota Lhokseumawe.

Ketua MAA Kota Lhokseumawe, M Jalil Hasan, ritual peusijuk dilakuan masyarakat Aceh ketika kedatangan tamu agung, atau tokoh penting yang dinilai punya jasa dalam memajukan bangsa. Nah, tidak semua orang bisa mendapatkan gelar itu.

Sementara itu, Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh, Prof. Dr. Herman Fithra yang baru dikukuhkan sebagai guru besar bidang transportasi mengatakan pemberian gelar Teuku kepada Ganjar telah melalui proses rembug sebelumnya.

“Kami dengan beliau Ketua Majelis Adat Aceh Kota Lhokseumawe, kita berembug memberi gelar kepada Bapak Ganjar, kita melihat sepak terjang beliau dalam membangun Indonesia khususnya Jawa Tengah,” kata Herman dalam keterangannya, Sabtu (9/4/2022) dikutip laman Antara.

Selain menghadiri pengkuhan guru besar Rektor Unimal, Ganjar juga melantik pengurus cabang Keluarga Gajah Mada (Kagama) Kota Lhokseumawe.

Kemudian pada tanggal 10 April 2022, Ia bertolak ke Banda Aceh, untuk melantik kepengurusan provinsi KAGAMA Aceh. Ganjar sendiri merupakan ketua umum organisasi alumni Universitas Gajah Mada.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: