News

Gelombang 2,5 meter berpotensi terjadi di perairan Sabang

Gelombang 2,5 meter berpotensi terjadi di perairan Sabang

POPULARITAS.COM – BMKG ingatkan masyarakat, untuk mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi 2,5 meter selama dua hari, yakni Kamis-Jumat (23-24 Mei 2024). Ombak tinggi tersebut diprakirakan akan landa wilayah perairan Utara Sabang dan Perairan Barat Aceh serta Samudera Hindia barat Sumatra.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Matirim Belawan, Christensen Marpaung dalam penjelasannya, Kamis (23/5/2024) di Medan menerangkan, gelombang tinggi terjadi akibat adanya pergerakan angin di wilayah Indonesia bagian utara menuju tenggara-barat daya dengan kecepatan 4-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur – tenggara dengan kecepatan angin berkisar 6 – 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Pulau Sabang, Laut Banda, dan Laut Arafuru.

Atas kondisi tersebut, lanjutnya, perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar, agar memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

“Diminta juga kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” katanya dikutip dari laman Antara.

Sementara Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha Manurung menyebutkan cuaca di Sumatera Utara pada Jumat (24/5) siang dan sore berpotensi hujan dengan intensitas lebat di Langkat dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan lebat di Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah dan sekitarnya.

“Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah lereng timur, lereng barat, dan pantai barat Sumatera Utara yang dapat dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya,” kata Martha Manurung.

Shares: