News

Gelombang empat meter berpotensi terjadi di laut Simeulue Aceh

Gelombang setinggi 2,5 meter hingga 4 meter berpeluang terjadi di perairan Aceh
Ilustrasi gelombang tinggi. Foto Elshinta

POPULARITAS.COM – Gelombang setinggi 2,5-4 meter, berpeluang terjadi di laut Simeulue, provinsi Aceh. Potensi ombak tinggi itu diperkirakan akan berlangsung selama dua hari, yakni 4-5 Oktober 2023.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (4/10/2023) meminta masyarakat yang tinggal di daerah pesisir untuk waspada potensi gelombang tinggi tersebut.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara yang bergerak dari tenggara baraya daya dengan kecepatan 6-20 knot, jadi faktor terjadinya gelombang tinggi di sejumlah perairan.

Selain di perairan Simeulue, Aceh, gelombang setinggi 2,5-4 meter juga berpotensi terjadi di Mentawai, Enggano, Bengkulu, Hindia Barat Aceh, Bali, Pulau Sumba, Selat Sumba dan NTB.

Adanya potensi gelombang tinggi itu, Eko Prasetyo juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya nelayan untuk memerhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, seperti dengan moda transportasi seperti perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m), kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m).

Kemudian, kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m). Dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas empat meter).

Editor : Hendro Saky

Shares: