HeadlineNews

Gempa Tektonik di Pijay Mag 5.0 Tak Berpotensi Tsunami

Paska Gempa, BPBD Pijay Monitor Kerusakan

POPULARITAS.COM – Gempabumi tektonik mengguncang Kabupaten Pidie Jaya magnitudo 5.0, Kamis (20/8/2020) sekria pukul 20.53 WIB tidak beroptensi tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi memiliki parameter dengan magnitudo M=5.0 dengan episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.86 LU dan 96.08 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 26 km baratdaya Kabupaten Pidie Jaya pada kedalaman 10 km.

Kata Djati, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar sumatera pada Segmen Aceh.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip fault),” ungkap Djati.

Djati menjelaskan, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Banda Aceh dan Pidie Jaya dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.
Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Dirasakan juga di Nagan Raya, Bener Meriah, Aceh Jaya dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” tuturnya.

Hingga pukul 21:30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat, Djati dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.[]

Editor: Acal

Shares: