HeadlineNews

Gubernur Aceh Luncurkan KMP Aceh Hebat 3

Gubernur Aceh Luncurkan KMP Aceh Hebat 3

Panitera dan Panitera Pengganti Mahkamah Syar’iyah Jantho Dikukuhkan – Gubernur Aceh Nova Iriansyah, meluncurkan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Aceh Hebat 3 di galangan kapal PT Citra Bahari Shipyard (12/11/2020) di Tegal, Jawa Tengah.

Nova menyebutkan, pembangunan kapal jenis roll on-roll off (roro) berkapasitas 600 gross tonage sudah hampir rampung, hanya sisa 5,2 persen lagi.

Nova berharap agar PT Citra Bahari Shipyard dapat segera menyelesaikan pembangunan kapal tersebut, sehingga pada awal Desember tahun ini bisa dikirim ke Aceh Singkil.

Nova mengatakan kapal ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Aceh Singkil, terutama di Pulau Banyak.

“Saya sangat bersyukur. Atas izin Allah, kapal yang didamba-dambakan oleh rakyat Aceh Singkil ini segera terwujud. Insya Allah, dengan bersyukur, akan lebih banyak lagi nikmat yang kita rasakan,” kata Nova di sela-sela peluncuran kapal itu.

Nova menjelaskan, Kepulauan Banyak, adalah kawasan terluar Indonesia di Samudera Hindia. Masyarakat di sana membutuhkan kapal baru dengan teknologi terkini untuk membantu aktivitas mereka, terutama di bidang ekonomi.

“Jadi, (kegunaan) kapal ini tak bisa dinilai dengan materi,” kata Nova.

KMP Aceh Hebat adalah kapal terakhir yang sukses dibangun oleh Pemerintah Aceh dengan anggaran total anggaran sebesar Rp 178 miliar. KMP Aceh Hebat 1, berkapasitas 1.300 gt dibangun oleh PT Multi Ocean Shipyard, di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Sedangkan Aceh Hebat 2, 1.100 gt, dibangun oleh PT Adiluhung Saranasegara di Bangkalan, Jawa Timur.[adv]

Shares: