NewsSepakbola

Gundogan dirumorkan gabung Barcelona

Manchester City's German midfielder #8 Ilkay Gundogan holds aloft the European Cup trophy as they celebrate winning the UEFA Champions League final football match between Inter Milan and Manchester City at the Ataturk Olympic Stadium in Istanbul, on June 10, 2023. Manchester City won the match 1-0. (Photo by Paul ELLIS / AFP)

POPULARITAS.COM – Gelandang sekaligus kapten Manchester City Ilkay Gundogan dirumorkan semakin dekat bergabung menuju FC Barcelona usai kontraknya habis pada Juni 2023.

Meski mengantarkan Manchester City memperoleh piala treble yaitu Premier League, Liga Champions, dan FA Cup musim ini, Gundogan memutuskan untuk meninggalkan klub dan mencoba mencari tantangan baru.

Dilansir dari The Mirror, Kamis (22/6/2023), Gundogan telah menjalani tes medis di Munich, Jerman untuk proses kepindahannya menuju Blaugrana.

Selain itu pemain tim nasional Jerman itu telah bertemu dengan direktur olahraga Barcelona Mateu Alemany untuk proses penandatanganan kontrak yang akan membuatnya bertahan di stadion Camp Nou selama dua tahun.

Dalam kontrak tersebut dijelaskan akan ada opsi perpanjangan satu tahun meski di tahun kedua kontrak, Gundogan menyertakan klausul untuk memainkan lebih dari setengah pertandingan yang dilakoni El Barca pada musim keduanya.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez menjadi salah satu faktor yang dapat meyakinkan Gundogan untuk memilih Catalonia sebagai destinasi selanjutnya. Keduanya sempat terlibat pembicaraan, dengan Xavi menjelaskan mengenai visinya kepada Gundogan untuk musim mendatang.

Kepergian Gundogan menjadi salah satu kehilangan bagi Manchester City terutama untuk sang pelatih Pep Guardiola. Pasalnya Pep Guardiola menaruh harapan bahwa Gundogan mau memperpanjang masa baktinya di Stadion Etihad.

Faktor lainnya, Guardiola dan Gundogan mempunyai kedekatan secara personal baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan.

“Dia tahu apa yang saya pikirkan. Mungkin beberapa dari Anda mengetahuinya, kami adalah tetangga, kami tinggal di lingkungan yang sama jadi selama bertahun-tahun dia adalah teman dekat saya,” kata Guardiola setelah City memenangkan Piala FA (3/6).

Rumor dekatnya Gundogan dengan pintu Barcelona juga menepis kabar mengenai ketertarikan Arsenal untuk menggaet mantan pemain Borussia Dortmund itu.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta dikabarkan menjadikan Gundogan sebagai target utama di bursa transfer musim panas ini, untuk mengisi pos gelandang yang ditinggalkan Granit Xhaka yang hengkang dengan status transfer bebas.

Shares: