News

Guru Besar asal Jerman isi materi di UIN Ar-Raniry

Guru Besar asal Jerman isi materi di UIN Ar-Raniry
Guru besar asal Jerman isi materi di UIN Ar-Raniry. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Academic Recharging Program bagi para dosen dan mahasiswa pascasarjana kampus setempat.

Kegiatan yang berlangsung 1-2 November 2022 di Gedung kampus itu menghadirkan Prof Jurgen Ruland dari Freiburg Universiti Jerman untuk mengisi Workshop Research Design.

Workshop tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Senior Expert Service (SES) yang digelar sejak 22 Oktober hingga 12 November 2022 mendatang pada Program Studi S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam Pascasarjana UIN Ar-Raniry.

Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Eka Srimulyani mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini serta antusias peserta baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa pascasarjana dalam mengikuti kegiatan workshop.

“Kita berharap dengan budaya akademik seperti ini, UIN Ar-Raniry Banda Aceh akan semakin kuat dalam penguatan keilmuan dan peradaban di masa mendatang,” kata Prof Eka, Rabu (2/11/2022).

Dalam workshop tersebut, Prof Jurgen Ruland, menekankan tentang pentingnya research question dalam sebuah penelitian. Ia menjelaskan bagaimana membuat pertanyaan penelitian atau research question yang baik.

“Research question yang baik adalah harus spesifik dan hindari pertanyaan penelitian yang menyebabkan banyak spekulasi. Before doing a research, there are three important things to find, theoritical gap, methodological gap, and empirical gap,” kata Profesor Senior Freiburg Universiti Jerman.

Jurgen menambahkan, ketiga hal tersebut adalah hal penting, yang disebut “finding the research puzzle”. Setelah mendapatkan secara kongkrit ketiga hal tersebut, baru bisa melakukan penelitian yang baik.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Prodi KPI (Askopis) Provinsi Aceh, Abdul Rani Usman yang mamandu workshop, menyebutkan bahwa workshop Research Design sangat penting bagi pengembangan keilmuan terutama bidang komunikasi Islam yang berbasis pada integrasi keilmuan.

“Kehadiran Prof Jurgen Rauland menjadi pencerah dan motivator bagi akademisi Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam melahirkan penelitian berkualitas baik tingkat nasional maupun internasional,” pungkas Rani.

Shares: