News

Hadirkan Ade Putri, JMSI Aceh latih puluhan wartawan menulis kuliner

Sekretaris JMSI Aceh, Gito Rolis serahkan sertifikat kepada pemateri pelatihan Menulis Kuliner, Ade Putri Paramadita di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Rabu (22/11/2023). Foto: JMSI

POPULARITAS.COM – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh bekerjasama dengan Diskominsa Aceh sukses menggelar pelatihan Menulis Kuliner. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh selama dua hari pada 21-22 November 2023.

Pelatihan menulis ini diikuti sebanyak 35 wartawan dari berbagai media dibawah naungan JMSI Aceh. Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Ade Putri Paramadita yang merupakan Culinary Strotelling yang dipandu oleh Hendra Saputra, CEO Aceh Video.

Ketua JMSI Aceh, Hendro Saky mengatakan bahwa, teknik penulisan kuliner sangat berbeda dengan tulisan hard news maupun softnews. Sebab, diperlukan skill tersendiri untuk menghasilkan karya jurnalistrik terkait kuliner.

“JMSI Aceh merasa penting untuk menggelar kegiatan pelatihan menulis kuliner. Langkah tersebut dimaksudkan untuk melahirkan banyak penulis kuliner handal, agar berbagai cita rasa kuliner Aceh dapat ditulis dengan baik dan di baca banyak orang,” kata Hendro.

Dikatakan Hendro, lewat pelatihan menulis kuliner ini, para peserta diajarkan tentang tata cara, teknik dan hal lainnya seperti menyusun storytelling tentang kuliner.

“Kita berharap selesai pelatihan ini, para peserta dapat mempublikasikan karya jurnalistik tentang kuliner di media masing-masing agar bisa mempromosikan Aceh yang memiliki beragam kuliner,” terangnya.

Dalam proses pelatihan, para peserta diberikan materi oleh Narasumber, Ade Putri Paramadita. Selain itu, para peserta juga melakukan praktek cara menulis kuliner.

Sebelumnya, JMSI Aceh juga menggelar Pelatihan SEO dan Konten digital pada 14-15 November 2023. Pelatihan tersebut diikuti oleh para editor atau redaktur di berbagai media di Aceh.

Shares: