EkonomiNews

Harga cabai merah di Aceh turun jadi Rp60 ribu per kilogram

Harga cabai merah di Aceh turun jadi Rp60 ribu per kilogram
Ilustrasi, pedagang cabai Pasar Lambaro, Aceh Besar, Kamis (10/3/2022). (Riska Zulfira/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Harga cabai merah di pasar berangsur turun menyusul pasokan yang melimpah, dari harga Rp100 ribu per kilogram menjadi Rp60 ribu per kilogram di tingkat pedagang di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

“Stok cabai merah di pasar juga sudah banyak. Kemungkinan harga ini bisa turun lagi,” kata Irman Yusuf, pedagang di Pasar Keutapang, Aceh Besar, Kamis (14/7/2022).

Dijelaskan Irman, cabai merah di Aceh pernah mencapai harga tertinggi yakni Rp120 ribu per kilogram dalam sebulan terakhir. Kemudian harganya berangsur turun secara perlahan.

Menurut dia, harga melonjak tinggi karena dipengaruhi permintaan masyarakat yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dalam rangka menyambut hari-hari besar Islam dan terbatasnya pasokan cabai merah dari luar Aceh seperti Sumatera Utara dan daerah lain.

“Dalam sepekan terakhir ini harganya Rp100 ribu per kilogram, baru kemarin mulai turun menjadi Rp60-70 ribu per kilogram,” katanya.

Saat ini, kata Irman, persediaan cabai merah juga sudah banyak di pasar. Pasokan ini berasal dari petani lokal mulai dari Kabupaten Aceh Besar, Bener Meriah hingga Aceh Tengah.

Dengan pasokan melimpah, lanjut dia, harga cabai merah ini juga diprediksikan bakal turun lagi mencapai harga normal saat hari-hari biasa, yakni antara Rp40-45 ribu per kilogram.

“Tingkat pembelian masyarakat juga masih normal, di tempat saya bisa laku terjual 40 kilogram cabai merah per hari,” katanya.

Sementara itu, Kamal, pedagang sembako lainnya menyebut harga cabai rawit juga mulai turun menjadi Rp100 ribu per kilogram pada hari ini.

Sebelumnya, cabai rawit naik tajam mencapai Rp200 ribu per kilogram pada hari kedua dan ketiga lebaran Idul Adha 1443 Hijriah. Hal itu disebabkan karena masih suasana lebaran, sehingga penjual dan pemasok kurang.

“Naiknya cuma sebentar saja, terus turun menjadi Rp120 ribu per kilogram dan hari ini turun lagi menjadi Rp100 ribu per kilogram,” kata Kamal.

Untuk saat ini, kata dia, persediaan cabai rawit di pasar masih tercukupi, dipasok dari petani lokal wilayah Tanah Rencong itu.

Sementara untuk bawang merah, kata dia, harga masih tetap normal yakni antara 60-65 ribu per kilogram di tingkat pedagang. (ant)

Shares: