News

Harga emas di Banda Aceh Rp3,5 juta per mayam

Harga emas di Banda Aceh Rp3,5 juta per mayam
Murizal, pemilik toko emas Ichlas di Pasar Aceh, Banda Aceh, Selasa (30/8/2022). Foto: Riska Zulfira/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Sejak satu minggu lalu harga emas di Banda Aceh tembus mencapai hingga Rp 3,5 juta per mayam (sekitar tiga gram).

Sementara itu, untuk harga jual dari logam mulia tersebut kini berkisar antara harga Rp 3,3 juta atau Rp 3,4 juta per mayam.

Salah seorang pedagang emas di Pasar Aceh, Eka mengungkapkan, sebelumnya pada Februari harga emas masih berada di Rp 3,3 juta per mayam.

“Sejak awal Maret naik, sementara emas antam per satu gram Rp 1,2 juta dan per kilogram Rp 100 juta lebih,” ujarnya, Minggu (10/3/2024).

Kenaikan harga ini terjadi karena meningkatnya permintaan emas dunia, lantaran konflik Israel-Palestina yang belum mereda.

Bahkan, Eka juga memperkirakan bahwa ke depan harga emas dapat mencapai hingga Rp 4 juta per mayam.

Masyarakat pun disarankan agar menyimpan uang berbentuk emas karena turunnya harga emas tidak dapat diprediksi.

“Prediksi harga emas nanti bisa sampai Rp 4 juta per mayam, tidak tahu kapan. Ini dianalisa dari pergerakan harga emas yang melonjak tajam di akhir tahun 2022 sampai sekarang,” jelasnya.  “Pada Desember 2022, harga emas masih sekitar Rp 2,8 juta lalu akhirnya sekarang naik sampai Rp 3,5 juta,” sambungnya.

Selain itu, ia mengaku selama ini khususnya menjelang Ramadhan, banyak masyarakat yang menjual emasnya dengan berbagai faktor.  “Rata-rata untuk modal jualan saat puasa, sebagian ada untuk kebutuhan sehari-hari karena ekonomi tidak stabil, intinya faktor kebutuhan,” pungkasnya.

Shares: