NewsPolitik

Hari Milad GAM, Bendaera Bintang Bulan Berkibar di Masjid Raya

Antisipasi pengibaran bendera bulan bintang, polisi sasar sejumlah titik
Ilustrasi, sejumlah massa berkumpul di Masjid Raya Baiturrahman mengibarkan bendera bintang bulan pada Milad GAM, Jumat (4/12/2020). popularitas.com | Fitri Juliana

 – Pada peringatan hari Milad GAM, Jumat (4/12/2020) bendera bintang bulan berkibar di depan Masjid Raya Baiturrahman (MRB), Banda Aceh.

Ada lima ratusan orang lebih yang mengatasnamakan masyarakat Aceh sejak pagi sudah berkumpul di MRB, Banda Aceh dengan membawa bendera bintang bulan.

Hari Milad GAM, Bendaera Bintang Bulan Berkibar di Masjid Raya

Massa datang dari sejumlah daerah menggunakan mobil bus ekspres (BE) mulai berkumpul sejak pukul 08.00 WIB. Ada juga sebagiannya lagi menggunakan beragam jenis mobil pribadi.

Setelah massa berkumpul di depan MRB meneriakkan yel-yel penyemangat. Kendati berkumpulnya massa pada Milad GAM ini berjalan tertib.

Pantauan popularitas.com, pihak keamanan dari Polresta Banda Aceh dan Kodim 0101 BS Banda aceh melakukan pengamanan di kawasan massa berkumpul Banda Aceh. Aparat keamanan gabungan ini meminta massa secara persuasif untuk menurunkan bendera bintang bulan yang telah dikibarkan itu.

Setelah negosiasi, masapun menuruti permintaan aparat keamanan dan menurunkan bendera tersebut. Sejumlah massa berteriak, mereka datang hanya ingin menyampakan aspirasi, tentang pengesahan bendera Aceh yang telah 16 tahun dituangkan dalam perjanjian MoU Halsinki 15 Agustus 2005 lalu.

Selama massa berkumpul, tampak aparat keamanan dan kepolisian dan TNI berseragam lengkap sudah berjaga-jaga sejak tadi pagi untuk mengamankan massa.

Saat ini massa sudah mulai bubar dan mayoritas pergi ke MRB untuk menunaikan salat jumat. Dalam pekarangan MRB, massa masih juga ada yang memegang bendera bintang bulan yang menjadi simbul GAM saat Aceh masih berkonflik, sebelum berakhir damai 15 Agustus 2005 lalu di Finlandia melalui kesepakatan MoU Helsinki.[]

Editor: Acal

Shares: