News

Hujan Deras, Sejumlah Daerah Terendam Banjir

Ilustrasi.

BANDA ACEH (popularitas.com) – Hujan deras yang mengguyur wilayah Aceh sejak Rabu, 23 Oktober 2019 sore menyebabkan sejumlah kecamatan di beberapa kabupaten terendam banjir.

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), daerah-daerah yang terendam banjir meliputi Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, dan Aceh Jaya.

Sementara menurut sumber Tagana Kabupaten Bireuen, banjir juga sempat merendam tiga desa di Kecamatan Simpang Mamplam pada Rabu, 23 Oktober 2019 malam.

Di Kabupaten Aceh Barat, BPBA melaporkan, hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sejak Rabu, 23 Oktober 2019 pukul 18.00 WIB hingga 00.00 WIB menyebabkan Krueng Woyla meluap. Akibatnya, 11 desa di dua kecamatan terendam.

Adapun 11 desa itu terdiri dari 8 desa di Kecamatan Woyla Timur, dan tiga desa di Woyla Barat. Hingga siang itu, kondisi di 11 desa itu masih terendam.

“Banjir masih tinggi, debit air saat ini semakin tinggi, di Woyla Timur mencapai 20-50 cm, dan Woyla Barat 20-35 cm,” kata Kalak BPBA, Sunawardi dalam keterangannya, Kamis, 24 Oktober 2019.

Sementara di Kabupaten Aceh Jaya, banjir terjadi pada pukul 05.30 WIB. Akibatnya lima desa dari dua kecamatan terendam.

Lima desa itu terdiri dari satu desa di Kecamatan Teunom, dan 4 desa di Kecamatan Pasie Raya. Banjir di empat desa itu mengakibatkan 1.140 jiwa terdampak.

“Untuk sementara masyarakat yang terdampak banjir mengungsi di masjid dan tempat evakuasi sementara,” kata dia.

Sedangkan di Kabupaten Nagan Raya, banjir terjadi pada Kamis, 24 Oktober 2019 pukul 11.40 WIB. Akibatnya tiga desa di dua kecamatan di kabupaten tersebut terendam.

Tiga desa itu terdiri dari dua desa di Kecamatan Tripa Makmur yakni di Desa Ujong Krueng dan Desa Nenbok Yee PP, sedangkan di Kecamatan Darul Makmur banjir merendam rumah milik warga di Desa Ujong Lamie.

Sunawardi meminta BPBD Kabupaten Nagan Raya untuk terus memantau dan berkoordinasi dengan tim dan muspika setempat, guna melakukan kaji cepat terkait jumlah korban terdampak. Mereka juga diminta melaporkan dampak material yang diakibatkan oleh kejadian ini.

“Pusdalops BPBD Nagan Raya masih melakukan pemantauan dan pendataan ke titik lokasi yang terkena banjir,” katanya.* (C-008)

Shares: