News

Hujan lebat akan guyur Aceh selama sepekan

Wilayah Barat Selatan Aceh akan dilanda hujan lebat dan angin kencang selama sepekan, BMKG minta warga waspada
Ilustrasi. Tangkapan layar kondisi cuaca di Indonesia. FOTO : BMKG

POPULARITAS.COM – Hujan dengan intensitas sedang dan lebat, akan mengguyur wilayah Aceh selama sepekan kedepan. Diperkirakan, cuaca tersebut berlangsung 23 Desember 2023 – 1 Januari 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangannya, Sabtu (23/12/2023) di Jakarta.

Dia menerangkan, hal tersebut didasarkan pada analisis potensi dinamika atmosfer dan adanya sinyal aktif gelombang Rossby di wilayah selatan ekuator hingga sepekan kedepan.

Akibatnya, sejumlah wilayah di Indonesia, seperti, Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi,  Bengkulu,  Sumatra Selatan,  Kepulauan Bangka Belitung,  Lampung,  Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah,  Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah,  Sulawesi Selatan dan Papua, diperkirakan akan terjadi hujan deras.

Pihaknya juga mengingatkan potensi cuaca ekstrem selama periode Natal dan tahun baru. Hujan dengan intensitas lebat dan potensi suhu panas juga akan terjadi disebagian wilayah Indonesia.

Guswanto menjelaskan potensi hujan lebat dan suhu panas terik dipicu oleh beberapa fenomena dinamika atmosfer.

Sirkulasi angin di Laut China Selatan (LCS) masih menghambat aliran massa udara basah dari Asia ke wilayah Indonesia, sehingga potensi hujan lebat masih terkonsentrasi di wilayah Pulau Sumatra dan Kalimantan Barat.

Sirkulasi angin di LCS tersebut juga secara tidak langsung memberikan dampak terhadap kurangnya potensi pertumbuhan awan di wilayah selatan ekuator.

Kondisi itu diperkuat juga dengan adanya fase kering fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) pada sebagian wilayah Indonesia, sehingga turut memicu kurangnya tutupan awan pada siang hari yang mengakibatkan pada siang hari kondisi suhu cukup panas dan terik dengan kisaran suhu dapat mencapai 35 hingga 37 derajat celcius.

Kondisi suhu terik pada siang hari diprediksikan masih dapat terjadi hingga tiga hari ke depan di sebagian wilayah Jawa hingga Nusa Tenggara.

Shares: