EdukasiNews

IA-ITB Aceh kembali gelar Ramadhan Tech Camp 2023

IA-ITB Aceh kembali gelar Ramadhan Tech Camp 2023
Tangkapan layar video kegiatan Ramadhan Tech Camp yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah IA-ITB Aceh. FOTO : popularitas.com/Hendro Saky

POPULARITAS.COM – Sukses dengan gelaran Ramadhan Tech Camp pada 2022 silam, tahun ini Ikatan Alumni Institute Teknologi Bandung (IA-ITB) Aceh laksanakan kegiatan serupa.

Sekretaris Pengurus Daerah IA-ITB Aceh, Mulkan Fadhil, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/3/2023) menerangkan, Ramadhan Tech Camp II, yang digelar pihaknya itu, akan berlangsung di Dayah Teungku Chik Pante Kulu. “Pelaksanaanya sendiri, akan dilangsungkan selama ramadhan 1444 hijriyah,” ujarnya.

Sebagai salah satu institusi pendidikan yang menggabung konsep ilmu agama dan sains, Dayah Teungku Chik Pante Kulu, miliki visi dan tujuan yang selaras dengan IA-ITB. Karna itu, untuk kedua kalinya, acara serupa dilangsungkan disini, tambah Mulkan.

Sejumlah materi telah dipersiapkan pihaknya dan para Pembina Daya Tgk Chik Pante Kulu, selama kegiatan Ramadhan Tech Camp II yang nanti dilangsungkan.

Selain pesantren kilat, pihaknya juga memberikan matrikulasi tentang dasar robotika dan pemograman komputer. Kombinasi ilmu agama dan sains akan jadi aspek penting dalam pelaksanaan kegiatan tersebut nantinya.

Selain melibatkan para pengurus IA-ITB Aceh, sambung Mulkan, di acara itu nanti para pengisi materi juga berasal dari mahasiswa USK dan UIN Ar-Raniry yang bersedia menjadi volunteer atau relawan.

Sementara itu, untuk materi ajar agama, para santri yang ikut Ramadhan Tech Camp II, akan dibekali dengan berbagai ilmu, seperti tahsin Alquran, bimbingan hafalan Alquran, dan materi ibadah, serta latihan menulis kaligrafi islam, atau khat.

Di acara itu juga, nantinya akan dilangsungkan perlombaan bidang teknologi, yakni karya tulis teknologi tingkat SMP, dan SMA, kemudian, konfigurasi jaringan komputer untuk tingkat SMA, dan lomba desain landing page tingkat SMA, demikian Mulkan.

Shares: