News

Ikan tongkol melimpah di Banda Aceh, harga anjlok hingga Rp3 ribu per kilogram

Ikan tongkol melimpah di Banda Aceh, harga anjlok hingga Rp3 ribu per kilogram
Ilustrasi : Pedagang ikan di Pasar Almahira Banda Aceh. FOTO : popularitas.com/Hendro Saky

POPULARITAS.COM – Harga ikan tongkol di kawasan PPS Kutaraja Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh merosot tajam hingga Rp 3.000 dan Rp 4.000 per kilogram.

Padahal, biasanya harga ikan ini mencapai hingga Rp 15.000 per kilogram. Hal ini terjadi karena melimpahnya hasil tangkapan nelayan dari yang biasanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, Aliman membenarkan adanya penurunan harga ikan tongkol ini di kawasan Lampulo.

Bahkan, ungkap Aliman, tangkapan para nelayan selama ini dalam satu hari bisa mencapai hingga 100 ton.

“Harga ikan tongkol anjlok akibat tangkapan yang sangat banyak dari biasanya, sehingga tidak semuanya mampu menyerap pasar,” ujarnya, Rabu (10/1/2024).

Dirinya juga sempat memantau langsung ke tempat penyimpanan ikan (cold storage) yang ada di PPS Kutaraja. Ternyata, semua tempat penyimpanan tersebut penuh.

“Untuk harga ikan jenis lain masih normal, seperti ikan tuna, cakalang, kembung, dencis dan lainnya tidak berubah harga yang berarti, relatif stabil,” ucap Aliman.

Menurutnya, melimpahnya hasil tangkapan ikan tongkol ini tak hanya terjadi di Aceh, namun terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

“Hasil pantauan kami di beberapa pelabuhan perikanan, termasuk PPS Nizam Zachman di Jakarta, semua cold storage-nya juga penuh,” pungkasnya.

Shares: