Ikut Peksimida, ini harapan USK

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) ikut ambil bagian dalam ajang Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) ke XV.

Kompetisi ini diikuti 15 kampus, berlangsung sejak tanggal 9-13 September 2022 di Universitas Teuku Umar (UTU), Meulaboh, Aceh Barat.

Wakil Rektor III USK, Prof Mustanir bersama Rektor UTU, Ishak Hasan dkk membuka Peksimida 2022 dengan tabuhan rapai, di halaman kampus UTU, Jumat (9/9/2022).

Sebagai Pembina Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Aceh, Prof Mustanir berharap setiap peserta bisa menunjukkan performa terbaik saat bertanding.

“Ini menjadi tolok ukur untuk melihat yang terbaik, yang nantinya menjadi perwakilan Aceh di tingkat nasional ke Peksiminas di Universitas Brawijaya, Malang,” kata Prof Mustanir.

Selain itu, dirinya menyampaikan, keikutsertaan USK di Peksimida bukan semata-mata untuk juara, namun juga menjadi salah satu pionir untuk mendidik generasi penerus guna menempa jiwa besar dalam berkompetisi.

“USK siap memberikan yang terbaik. Dengan persiapan serius, dan penampilan maksimal, InsyaAllah akan lahir juara sejati. Namun yang musti diingat adalah, bila belum beruntung menjadi pemenang, haruslah berlapang dada, itulah juara sejati,” pesan WR III USK.

Sementara itu, Rektor UTU, Dr. Ishak Hasan, M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat datang bagi kontingen Peksimida 2022. Ia menuturkan, bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar, dengan kekayaan sumber daya, termasuk sumber daya seni.

“Ini merupakan pengalaman pertama UTU menjadi tuan rumah. Bangsa kita tidak boleh berada di papan bawah, pekerja seni maupun seniman punya kontribusi besar untuk bangsa,” ujar Rektor UTU.

Menurutnya, salah satu sektor penting yang butuh sentuhan seni adalah pariwisata. Kontribusi seni untuk dunia pariwisata, dipandang bisa mendatangkan manfaat bagi banyak orang. Yang muaranya, mampu meningkatkan pendapatan nasional.

Adapun 15 kampus yang mengikuti Peksimida 2022 yaitu, Universitas Syiah Kuala, Universitas Samudera, Universitas Malikussaleh, Universitas Serambi Mekkah, Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Jabal Gafur.

Kemudian ada Universitas Islam Kebangsaan Indonesia, Universitas Getsempena, Institut Seni Budaya Indonesia Aceh, Universitas Al-Muslim, Universitas Gajah Putih, Stikes Seuramoe Barat, Akper Teuku Fakinah, Universitas Abulyatama dan Universitas Teuku Umar.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.