News

Info cuaca hari ini : Banda Aceh cerah berawan

Info cuaca hari ini : Banda Aceh cerah
Ilustrasi - Cuaca cerah berawan. ANTARA/Shitterstock/pri. (ANTARA/Shitterstock)

POPULARITAS.COM – Cuaca di Kota Banda Aceh diprakirakan cerah berawan. Informasi tersebut disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lewat laman resminya, Sabtu (13/1/2024).

Menurut BMKG, selain Kota Banda Aceh, sejumlah daerah lain yang juga alami cuaca serupa, yakni  Yogyakarta, Bandung, Semarang, dan Bandar Lampung. 

Kemudian, Kota Surabaya diprediksi cerah dengan suhu 25-35 derajat Celcius.

Sementara itu, daerah lainnya diprakirakan terjadi hujan lebat disertai petir, yakni, Pangkal Pinang, Padang dan Palembang diprakirakan juga mengalami hujan disertai petir pada siang hari ini, sedangkan wilayah Medan diprediksi hujan lebat.

Kota Jambi diprediksi hujan petir pada malam hari nanti.

Bergeser ke wilayah Indonesia Timur, Kupang diprediksi hujan disertai petir, dan Makassar hujan lebat pada siang hari ini.

BMKG juga menyebutkan hujan dengan intensitas ringan akan terjadi di beberapa Ibu Kota Provinsi, di antaranya Bengkulu, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Ambon, Manokwari, Pekanbaru, dan Kendari.

Sedangkan wilayah Gorontalo, Pontianak, dan Manado diprediksi hujan dengan intensitas sedang.

Sementara itu, Kota Denpasar, Serang, Jakarta Pusat, Jambi, Samarinda, Tarakan, Mataram, Kota Jayapura, dan Mamuju diprediksi berawan pada siang hari ini. Untuk wilayah Ternate diprediksi akan berawan tebal.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan masyarakat agar waspada terjadinya bencana hidrometeorologi yang akan terjadi hingga Februari mendatang akibat cuaca ekstrem yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia.

“Salah satu penyebab cuaca ekstrem yakni adanya Monsun Asia yang menunjukkan aktifitas cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir. Kondisi ini berpotensi dapat disertai adanya fenomena seruakan dingin –cold surge- yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia,” kata Dwikorita.

Shares: