News

Jadwal Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 14 Diumumkan Besok

Warga Aceh diminta jangan salah pilih jurusan di program Prakerja
Program Prakerja (Foto: ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)

POPULARITAS.COM – Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja akan mengumumkan jadwal pembukaan pendaftaran gelombang 14 besok. Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu belum menyebutkan tanggal berapa pendaftaran akan dibuka.

“Sudah ada (tanggalnya). Tapi saya kasih tahu besok,” ucapnya kepada CNNIndonesia.com Selasa (9/3).

Sebelumnya PMO Kartu Prakerja membuka pendaftaran untuk gelombang 13 pada Kamis, 4 Maret 2021 lalu dengan kuota 600 ribu peserta.

Program tersebut memberi kesempatan bagi pencari kerja, korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), hingga pelaku usaha mikro dan kecil yang ingin mendapatkan pelatihan dan insentif pelatihan sebesar Rp2,4 juta.

Namun, sebelum memutuskan mendaftar, setiap calon peserta diharapkan memenuhi persyaratan antara lain berkewarganegaraan Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun ke atas, merupakan pencari kerja, penganggur atau pekerja, serta wirausaha.

Syarat lainnya adalah tidak sedang mengikuti pendidikan formal dan belum pernah menerima atau menjadi peserta Kartu Prakerja pada tahun sebelumnya.

Kemudian, calon peserta juga bukan berasal dari pejabat negara, TNI/Polri, ASN, anggota DPR/D, BUMN/D, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD.

Terakhir, calon peserta belum menjadi penerima Bansos Kemensos (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), serta Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Selain syarat-syarat tersebut, program Kartu Prakerja juga dibatasi maksimal dua orang per keluarga mulai tahun ini. Karena itu, calon pendaftaran yang dua anggota keluarganya telah menjadi peserta Kartu Prakerja akan sulit untuk lolos sebagai pendaftaran.

Sumber: CNN

Shares: