NewsPolitik

Jailani Beuramat diusul jadi Pj Bupati Pidie Jaya

Tak cukup kuorum, rapat bamus PAW DPRK Pidie Jaya ditunda
Ketua DPRK Pidie Jaya, A Kadir Jailani. Foto: Nurzahri/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Jaya akan mengusulkan Sekretaris daerah (Sekda) Jailani Beuramat sebagai calon Penjabat Bupati.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRK Pidie Jaya, A Kadir Jailani kepada popularitas.com usai penutupan sidang paripurna pengesahan R APBK setempat tahun 2024, Senin (27/2023).

Kata pria yang akrab disapa Pang Kade itu, rencana pengusulan calon Pj itu sendiri menindaklanjuti surat Mendagri Nomor : 100.2.1.3/6047/SJ Tentang Usulan Nama Calon Penjabat Bupati/Wali Kota yang ditujukan ke Ketua DPRK Pidie Jaya.

Hal itu dikarenakan seiring akan berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada 2018 silam.

Masih Pang Kade, deadline waktu untuk penyerahan nama Pj Bupati Pidie Jaya ke Mendagri yang diberikan hingga 6 Desember 2023.

“Saat ini pejabat Pidie Jaya yang memenuhi syarat hanya Sekda Jailani Beuramat,” kata Ketua DPRK Pidie Jaya, A Kadir Jailani.

Dengan kondisi tersebut tentunya nama Jailani Beuramat akan dimasukkan sebagai calon Penjabat Bupati Pidie Jaya untuk tahun 2024 mendatang.

Kendati demikian, pihaknya belum membahas secara resmi nama-nama calon nahkoda di lembaga legislatif setempat itu.

Diterangkan Pang Kade, dalam surat tersebut disebutkan DPRK Pidie Jaya melalui Ketua dapat mengusulkan tiga nama sebagai calon.

“Di sana (surat Mendagri) disebutkan, Ketua DPRK bisa mengusulkan tiga, jadi dapat satu ya hanya satu yang diusulkan. Batas usulan sampai 6 Desember, dan usulan ini belum kami bahas,” ungkapnya.

Shares: