Syariat Islam

Jamaah haji asal Aceh berangkat ke Mekkah perdana 29 Mei 2024

Jamaah haji asal Aceh berangkat ke Mekkah perdana 29 Mei 2024
Ilustrasi, jemaah haji Aceh 2023. Foto: Dishub Aceh

POPULARITAS.COM – Jamaah haji asal Aceh, perdana akan diberangkatkan ke tanah haram pada tanggal 12 Mei 2024. Sementara, untuk gelombang kedua sesuai dengan jadwal bertolak pada 29 Mei 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kanwil Kementrian Agama RI provinsi Aceh, Azhari dalam keterangannya, Kamis (18/4/2024) di Banda Aceh. Dia menjelaskan, seluruh jamaah haji asal Aceh akan diberangkatkan melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) di Blang Bintang, Aceh Besar.

“Alhamdulillah kita Embarkasi Aceh mendapat gelombang kedua tahun ini. Tentu ini memberikan kemudahan untuk persiapan baik di kanwil, asrama haji, maupun jamaah haji,” kata Azhari dikutip dari laman Antara.

Ia menjelaskan pada pelaksanaan ibadah haji 1445 Hijriah, Aceh akan memberangkatkan sebanyak 4.709 jamaah, termasuk petugas haji menuju Tanah Suci yang terbagi dalam 12 kloter.

Sejauh ini Kementerian Agama terus melakukan berbagai persiapan baik menyangkut dengan penginapan jamaah di embarkasi, penyusunan Pembantu Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPPIH) 2024, dokumen dan berbagai hal teknis lainnya.

“Kita di kanwil sudah menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan pada saat pemberangkatan, penyusunan PPPIH yang akan diterbitkan surat keputusan oleh pusat. Pekan depan kita akan melakukan pelantikan dan kemudian persiapan di asrama haji,” ujarnya.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Kemenag kabupaten/kota, maskapai Garuda Indonesia, Perum Damri Cabang Banda Aceh, Balai Karantina Kesehatan Kelas I Banda Aceh, dan Angkasa Pura, untuk persiapan keberangkatan ibadah haji 2024.

Para pimpinan lembaga terkait juga memastikan bahwa mereka akan terus memaksimalkan persiapan jelang keberangkatan jamaah ke Tanah Suci, baik menyangkut dengan penerbangan, angkutan darat dan pemeriksaan kesehatan jamaah haji, ujarnya.

Shares: