Kesehatan

Jangan Buang Biji Nangka! Ini Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuhmu

Ilustrasi nangka. NDTV Food

POPULARITAS.COM – Nangka merupakan salah satu buah tropikal khas Indonesia. Si manis ini sarat dengan protein dan nutrisi sehat lainnya seperti vitamin B, potasium, kalsium, dan seng.

Umumnya, kita akan langsung memakan daging buahnya dan membuang bijinya. Padahal biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin yang mengubah makanan menjadi energi. Benih juga memiliki kandungan sejumlah mineral yakni magnesium, seng, potasium, zat besi, dan tembaga.

Dilansir dari merdeka.com, inilah beberapa khasiat menakjubkan dari biji nangka untuk kesehatan tubuhmu.

Membangun massa otot

Tahukah kamu bahwa biji nangka kaya akan protein? Nutrisi inilah yang membuat nangka berguna untuk membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Menyehatkan pencernaan

Biji nangka mengandung serat yang membantu untuk menyehatkan pencernaan dan membuat perutmu selalu merasa kenyang.

Mempertajam penglihatan

Tingginya kandungan vitamin A di dalam biji nangka membantu untuk mempertajam penglihatan dan menangkal penyakit yang berhubungan dengan kesehatan mata.

Mencegah anemia

Kandungan zat besi di dalam biji nangka berguna untuk mencegah anemia dan penyakit terkait darah lainnya.

Menyembuhkan stres

Nangka kaya akan protein dan nutrisi mikronutrien yang membantu untuk menyehatkan mental dan menurunkan tingkat stres.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Biji nangka mengandung seng yang membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sifat antimikroba di dalamnya juga mencegah kontaminasi bakteri.

Mencegah kanker

Kandungan zat antioksidan di dalam biji nangka berguna untuk memerangi efek buruk dari radikal bebas yang jadi penyebab kanker.

Menguatkan tulang

Biji nangka mengandung kalsium dan potasium yang membantu untuk menguatkan tulang.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Karena biji nangka begitu rendah kolesterol, maka mengonsumsinya akan membantumu untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Itulah sederetan khasiat biji nangka untuk kesehatan tubuhmu. Kamu bisa mendapatkan manfaat sehat tersebut dengan cara merebus biji nangka dan meminum air rebusannya. Tertarik untuk mencobanya? [acl]

Shares: