News

Jemaah haji kloter pertama Aceh berangkat ke Tanah Suci

Jemaah haji kloter pertama Aceh berangkat ke Tanah Suci
Pesawat yang membawa 393 jemaah calon haji (JCH) Aceh kloter pertama sesaat sebelum lepas landas dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Rabu (24/5/2023). Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Sebanyak 393 jemaah calon haji (JCH) Aceh kloter pertama berangkat ke Arab Saudi pada Rabu (24/5/2023) pagi. Pesawat lepas landas dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar sekitar pukul 07.30 WIB.

Amatan popularitas.com, para tamu Allah tersebut diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Aceh ke Bandara SIM sekitar pukul 05.30 WIB. Tiba di bandara sekitar 06.15 WIB, para jemaah langsung dipandu memasuki pesawat.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Faisal Ali dan Kakanwil Kemenag Aceh, Azhari dan sejumlah pejabat lainnya hadir langsung memantau keberangkatan jemaah kloter satu ini.

Dalam kesempatan itu, Faisal Ali menyampaikan bahwa keberangkatan jemaah haji kloter pertama dari Aceh berjalan sesuai rencana dan tidak ada kendala yang berarti.

“Alhamdulillah prosesi pemberangkatan jemaah haji Indonesia dari Embarkasi Aceh dari kemarin sampai hari ini semuanya berjalan sesuai yang direncanakan dan tidak ada kendala yang luar biasa,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa semua jemaah kloter pertama yang berangkat dalam keadaan sehat. Pihaknya juga menyediakan beberapa ambulans untuk sejumlah jemaah yang kondisinya membutuhkan perhatian khusus.

“Yang tadi diantar ambulans itu tidak ada yang sakit, cuma karena sudah lansia jadi kita perlakukan khusus mereka berbaring selama perjalanan,” jelas Faisal Ali.

Ia menambahkan, para jemaah yang butuh perhatian khusus itu ditempatkan di kelas bisnis. Dengan fasilitas tersebut, Faisal Ali berharap para jemaah lansia ini bisa beristirahat dengan nyaman.

“Kita harapkan juga mereka bisa beristirahat dengan cukup karena waktunya 7 jam ke Madinah. Jumlah lansia di kloter pertama ada 19 orang, ada sebagian lansianya kita anggap kuat, itu tetap di bangku belakang,” pungkasnya.

Shares: