News

Jumlah korban tewas dalam pertempuran di Sudan capai 185 jiwa

Pertempuran di Sudan. Foto: REUTERS-Mohamed Nureldin Abdallah

POPULARITAS.COM – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melaporkan jumlah korban yang tewas di bentrok antara militer dan paramiliter di Sudan menjadi 185 orang.

Kondisi ini membuat Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meminta pihak bertikai untuk berdamai.

Dilansir dari Detik.com, Selasa (18/4/2023), kekerasan, yang meletus Sabtu (15/4), berkecamuk untuk hari ketiga hingga Senin, dengan jumlah korban tewas meningkat menjadi sedikitnya 185 orang, kata Volker Perthes, perwakilan khusus PBB untuk Sudan, kepada wartawan.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meminta pihak-pihak yang bertikai di Sudan untuk segera menghentikan permusuhan. Karena utusannya untuk Khartoum mengatakan sedikitnya 185 orang tewas akibat pertempuran itu.

Sekjen PBB mengatakan eskalasi lebih lanjut dari konflik antara tentara dan pasukan paramiliter, yang dipimpin oleh para jenderal saingan, “bisa menghancurkan negara dan kawasan.”

Diketahui, Pertempuran pecah setelah berminggu-minggu perebutan kekuasaan antara dua jenderal yang merebut kekuasaan dalam kudeta tahun 2021: panglima militer Sudan, Abdel Fattah al-Burhan, dan wakilnya, Mohamed Hamdan Daglo, yang memimpin Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter yang kuat.

“Saya terus berhubungan dengan para pemimpin kedua belah pihak,” kata Perthes kepada wartawan di markas besar PBB di New York, melalui tautan video dari ibu kota Sudan.

PBB telah menangguhkan sebagian besar operasinya di negara itu, kata juru bicara Guterres, Stephane Dujarric, yang menekankan bahwa PBB “tidak akan meminta staf untuk pergi bekerja ketika jelas keselamatan mereka tidak dijamin.”

“Pertempuran baru ini hanya memperburuk situasi yang sudah rapuh, memaksa badan-badan PBB dan mitra kemanusiaan kami untuk sementara menutup lebih dari 250 program kami di seluruh Sudan,” kata koordinator bantuan darurat PBB, Martin Griffiths, dalam sebuah pernyataan.

“Dampak dari penangguhan ini akan segera terasa, terutama di bidang ketahanan pangan dan dukungan gizi, di negara di mana sekitar 4 juta anak dan ibu hamil serta menyusui mengalami kekurangan gizi parah,” tambahnya.

Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan tertutup tentang situasi di Sudan pada Senin pagi.

Shares: