Teknologi

KAAN, pesawat tempur buatan Turkiye uji terbang

KAAN, pesawat tempur buatan Turkiye uji terbang
KAAN, pesawat tempur buatan Turkiye, gelar uji terbang, Rabu (21/2/2024). FOTO : Xinhuanews

POPULARITAS.COM – Turkiye lakukan uji terbang perdana, KAAN, pesawat tempur produk dalam negeri negara tersebut, Rabu (21/2/2024).

Industri Kedirgantaraan Turkiye mengatakan atau Turkish Aerospace Industries (TAI) mengatakan, nantinya KAAN, akan gantikan aramada F-16 militer Turkiye yang sudah tua.

KAAN merupakan produksi pesawat generasi kelima yang dikembakan TAI sejak 2016 silam.

Dalam pernyataan yang dirilis, pihak kepresidenan Turkiye mengatakan Turkiye akan menjadi satu dari lima negara di dunia yang mampu memproduksi pesawat generasi kelima dengan kehadiran KAAN.

Sebelum uji terbang tersebut, pesawat itu telah menjalani serangkaian pengujian, antara lain uji kursi lontar, uji statis skala penuh, uji inersia dan statis terhadap bidang kendali, uji roda pendaratan, uji sistem avionik di laboratorium integrasi sistem, dan uji bahan bakar.

KAAN dirancang untuk bekerja dengan platform-platform lain seperti kendaraan udara nirawak (unmanned aerial vehicle/UAV), pengawasan udara, sistem kontrol, dan peralatan lainnya yang dijadwalkan untuk pengadaan, demikian dilansir oleh kantor berita semiresmi Turkiye, Anadolu, pada Rabu.

Jet tempur tersebut akan mampu melakukan pertempuran air-to-air dengan kecepatan supersonik menggunakan ruang senjata internal yang dilengkapi dengan senjata generasi baru, menurut kantor berita tersebut. (Xinhuanews)

Editor : Hendro Saky

Shares: