Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Kadisbudpar Aceh dukung keberadaan ruang bermain anak di Taman Ratu Safiatuddin

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almunizar Kalam, sangat mendukung keberadaan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Tarasa, yang penggunaannya diresmikan oleh Ketua Tim Penggerakan PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, Minggu (3/7/2022).
Kadisbudpar Aceh dukung keberadaan ruang bermain anak di Taman Ratu Safiatuddin
Lokasi Ruang Bermaian Ramah Anak (RBRA) yang terletak di Ramah Ratu Safiatuddin Banda Aceh. Lokasi ini, diresmikan operasionalnya oleh Ketua TP PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, Minggu (3/7/2022)

POPULARITAS.COM – Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almunizar Kalam, sangat mendukung keberadaan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Tarasa, yang penggunaannya diresmikan oleh Ketua Tim Penggerakan PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, Minggu (3/7/2022).

Almunizal yang hadir dalam peremian itu menyampaikan semangatnya bahwa, keberadaan ruang bermain bagi anak yang berada di Kota Banda Aceh itu, akan memberikan manfaat bagi para orangtua.

“Ruang Bermain Ramah Anak ini adalah cita-cita semua ibu-ibu yang memiliki anak balita, dan harapan tersebut alhamdulillah diwujudkan oleh Bu Dyah, istri gubernur kita,” kata Almuniza di sela-sela acara peresmian RBRA TARASA.

Almuniza menjelaskan, taman bermain anak yang berlokasi di Taman Sulthanah Safiatuddin operasional dan pengelolaannya di bawah Disbudpar Aceh. 

“Kita diamanahkan untuk menjaga ini, di mana aset ini (RBRA) adalah sebuah harapan dari seluruh ibu-ibu, khususnya di Banda Aceh. Jadi, kita wajib menjaga dan merawat RBRA ini agar bisa benar-benar dimanfaatkan oleh anak-anak kita,“ ucapnya.

Menurut Almuniza, kehadiran RBRA ini sangat tepat dan bermanfaat. Pasalnya, tingkat pertumbuhan rumah saat ini semakin tinggi, tetapi ruang bermain anak semakin kurang.

“Hadirnya RBRA ini salah satu bentuk solusinya. Mudah-mudahan bisa dimaksimalkan oleh warga Banda Aceh dan juga bisa menjadi inspirasi untuk kabupaten kota lainnya. Insya Allah, kebaikannya untuk generasi anak-anak kita di masa depan,” sebutnya.

Ketua TP-PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, saat peresmian RBRA itu menjelaskan, taman beramian anak itu, merupakan impian dirinya dan upaya pihaknya mewujudkan komitmen Pemerintah Aceh dan CSR di Aceh untuk mendukung Aceh menjadi provinsi layak anak.

Oleh karena itu, ia berharap upaya pemenuhan hak anak dengan hadirnya RBRA TARASA ini sangat penting dijaga dan keberadaannya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Banda Aceh, yakni dijadikan sebagai ruang bermain sekaligus belajar yang ramah bagi anak atau “laboratorium bermain”.

“Berbagai pihak telah berpihak untuk membuat RBRA ini secara optimal, namun yang paling sulit itu bagaimana keberlanjutan dan menjaga Ruang Bermain Ramah Anak ini untuk terus hidup. RBRA ini harus lebih bagus lagi ke depan, saya titipkan RBRA ini kepada kawan-kawan SKPA dan TP PKK,” pintanya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Dyah  mengucapkan terima kasih atas dukungan semua stakeholder dalam penyelenggaraan RBRA TARASA ini. 

“Atas nama Bunda PAUD dan TP-PKK Aceh, terima kasih atas dukungannya, ini adalah kado terindah buat saya dan yang paling membahagiakan di Hari Jadi saya. Semoga kita akan dapat terus memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak, serta menjadi orang tua bijak bagi anak-anak kita. Mari kita terus bekerja bersama demi kesejahteraan perempuan dan anak-anak Aceh,” pungkasnya.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: