News

Kapal imigran Rohingya karam di Aceh Barat, sebagian meninggal dunia dan puluhan terapung dilaut

Camat Samatiga tepis informasi 50 etnis Rohingya meninggal di laut Aceh Barat
Puluhan imigran Rohingya terdampar usai kapalnya karam di Perairan Kuala Bubon Aceh Barat, Rabu (20/3/2024). FOTO : Panglima Laot Aceh

 

POPULARITAS.COM – Kapal yang angkut puluhan imigran Rohingya karam di Perairan Kuala Bubob, Samatiga, Aceh Barat. Akibatnya, hingga saat ini dilaporkan beberapa diantaranya meninggal dunia dan puluhan lainnya masih terapung dilaut.

popularitas.com yang mencoba mengkonfirmasi perihal itu kepada Panglima Laot Aceh, Miftach Tjut Adek membenarkan kabar tersebut. Ia bahkan menyebutkan dari laporan nelayan, terdapat 60 orang pengungsi tersebut yang terdampar.

Sementara itu, Ketua Panglima Laot Aceh Barat, Amiruddin menyebutkan, pihaknya telah mendapatkan arahan dari Panglima Laot Aceh, untuk memberikan pertolongan atas karamnya kapal para imigran tersebut.

“Arahan sementara, kami diminta beri pertolongan karna kapal karam dan ini soal kemanusiaan,” katanya, Rabu (20/3/2024) di Meulaboh.

Ayah Amir, karib lelaki itu disapa menceritakan, peristiwa kapal imigran karam itu terjadi pada pukul 09.00 WIB. Saat itu, tambahnya, sejumlah nelayan melihat kapal terbalik dan puluhan etnis Rohingya berdiri diatas lambung kapal seraya minta tolong.

Mendapati hal tersebut, sejumlah nelayan memberikan bantuan dan pertolongan. Namun, beberapa diantaranya ditemukan sudah meninggal diduga akibat tenggelam dilaut. “Enam orang sudah dievakuasi oleh nelayan ke daratan,” ujarnya.

Saat ini, enam orang yang dievakuasi tersebut, ditempatkan di Kantor Camat Samatiga, tambahnya. Sementara itu, puluhannya lainnya masih terdampar ditengah laut menunggu proses evakuasi. “Kami sudah informasikan ke Basarnas, namun masih menunggu keputusan pihak terkait,” pungkasnya.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Al Hussain yang dikonfirmasi terpisah, kepada popularitas.com mengaku masih melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak. “Sebentar ya bang, saya masih koordinasi,” ucapnya singkat melalui pesan WhatsApp.

Shares: