News

Panglima Laot perintahkan nelayan tolong Rohingya di Aceh Barat

Camat Samatiga tepis informasi 50 etnis Rohingya meninggal di laut Aceh Barat
Puluhan imigran Rohingya terdampar usai kapalnya karam di Perairan Kuala Bubon Aceh Barat, Rabu (20/3/2024). FOTO : Panglima Laot Aceh

POPULARITAS.COM – Panglima Laot Aceh memerintahkan para nelayan di Aceh Barat untuk menolong awak kapal Rohingya yang tenggelam di perairan sekitar 7 mil dari Kuala Bubon, Rabu (20/3/2024).

Sekjen Panglima Laot Aceh, Azwir Nazar menyebut, pihaknya mendapat informasi dari Panglima Laot Aceh Barat ada puluhan warga Rohingya yang terapung-apung di lautan, terdiri dari perempuan dan anak.

“Beberapa dari mereka tenggelam karena boat-nya terbalik dan banyak masih yang terapung di laut,” sebutnya.

“Oleh karena itu dengan alasan kemanusiaan, kita wajib menolong orang yang tertimpa musibah di laut, siapapun mereka,” tegasnya.

Informasi yang diterima popularitas.com, sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi para nelayan setempat melihat sebuah kapal Rohingya yang terbalik.

Ada puluhan orang warga Rohingya yang berusaha menyelamatkan diri di atas lambung kapal, sementara sebagian hanyut terseret arus laut.

Sejauh ini, diketahui sudah enam orang yang dievakuasi oleh para nelayan ke daratan, yang terdiri dari empat perempuan dan dua laki laki.

Sementara itu, pihak terkait masih melakukan koordinasi untuk proses evakuasi para imigran gelap tersebut yang masih mengapung di lautan.

Shares: