News

Kapal perang halau pengungsi Rohingya di perairan Aceh

TNI AL menghalau sebuah kapal kayu yang mengangkut pengungsi Rohingya di Perairan Timur Pulau Weh, Sabang, Rabu (27/12). (Dispenal)

POPULARITAS.COM  – Kapal perang TNI AL menghalau sebuah kapal kayu yang mengangkut pengungsi Rohingya di Perairan Aceh, tepatnya Timur Pulau Weh, Sabang, Rabu (27/12/2023).

Peristiwa bermula saat KRI Bontang-907 sedang melakukan patroli di perairan tersebut. Kapal tersebut mendapat informasi dari Guskamla Koarmada I bahwa ada kontak kapal yang diduga merupakan kapal pengungsi Rohingya.

Mendapat informasi itu, helikopter Panther AS 565 MBe HS 1309 yang on board di KRI Bontang-907 segera terbang memantau kapal kayu itu.

“Dari patroli itu terlihat kontak visual kapal kayu dengan nama kapal SHWE YA DANAR 3 yang membawa pengungsi etnis Rohingya,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali dalam keterangan tertulis, Kamis (28/12/2023).

Ali menyebut KRI Bontang-907 langsung membayangi kapal tersebut. Ini merupakan langkah pengamanan dan monitoring untuk menghalau agar kapal tersebut keluar dari perairan Indonesia.

“Sampai akhirnya kapal kayu pengangkut pengungsi Rohingya tersebut berhasil dihalau keluar dari perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia-India, sekaligus memastikan kapal tersebut tidak kembali ke perairan Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ali menyatakan seluruh jajaran prajurit TNI AL akan selalu meningkatkan kesiapsiagaan operasi dan merespon cepat informasi yang diterima.

“Melaksanakan kerja sama dan bersinergi dengan instansi terkait, khususnya dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia,” katanya. (CNN)

Baca: Kapolda ungkap kendala Polairud cegat pengungsi Rohingya di perairan Aceh

Shares: