HukumNews

Kapolda Aceh Ingatkan Personel Jaga Netralitas Pemilu

Kapolda Aceh Ingatkan Personel Jaga Netralitas Pemilu
Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko saat kunjungan kerja ke Polres Aceh Jaya, Senin (20/11/2023). FOTO : Bid Humas Polda Aceh

POPULARITAS.COM – Jajaran personil diseluruh wilayah hukum Kepolisian Daerah Aceh, wajib jaga netralitasinya untuk sukseskan Pemilihan Umum yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko, Senin (20/11/2023) saat kunjungan kerjanya di Polres Aceh Jaya. Jenderal bintang dua Polri itu meminta jajarannya, untuk tetap kedepankan prinsip-prinsip netralitasnya.

“Anggota Polri sudah ada petunjuk dan arahan dari Mabes Polri terkait netralitas. Jangan sampai tindakan kita, baik sengaja maupun tidak sengaja dapat menimbulkan persepsi yang tidak baik atau kontroversi,” tegasnya.

Dalam kunjungan kerja kali ini, ia sengaja mengajak Irwasda dan beberapa pejabat utama untuk membantu mem-backup bila Polres jajaran mengalami kendala.

Hal tersebut juga merupakan bagian dari kontrol, pengawasan dan pengendalian dari pimpinan Polda Aceh.

“Kunjungan kerja ini bukan sekadar kunjungan biasa atau formalitas, tapi upaya mengetahui langsung kondisi di kewilayahan serta memotivasi personel untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Achmad Kartiko juga ingin membangun paradigma bahwa polisi adalah pelayan, di mana harus melayani masyarakat yang tentunya dengan penuh senyum, sapa dan salam.

“Kewenangan dan tupoksi Polri sebagai alat negara bukan hanya sebagai pemelihara kamtibmas dan penegak hukum, tetapi juga sebagai pelayan masyarakat. Oleh karena itu, layani masyarakat dengan senyum, sapa, salam,” ujarnya.

Di samping itu, ia sangat mengapresiasi kinerja Polres Aceh Jaya yang telah berupaya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Hal itu akan memberikan kontribusi untuk situasi kamtibmas secara menyeluruh di Aceh.

“Terima kasih dan apresiasi kepada rekan-rekan di Polres Aceh Jaya yang telah berupaya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Aceh Jaya, AKBP Andy Sumarta menggambarkan secara umum terkait situasi di wilayah Aceh Jaya, di mana dalam keadaan aman dan kondusif.

Andy juga memaparkan terkait lokasi-lokasi rawan kecelakaan serta upaya yang telah dilakukan pihaknya.

“Secara umum situasi kamtibmas di wilayah Aceh Jaya aman dan kondusif. Namun, ada beberapa lokasi rawan kecelakaan, tetapi sudah dilakukan upaya baik melalui imbauan maupun memasang tanda rambu oleh Satlantas,” paparnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: