News

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irawan beri kuliah umum di Fisip USK

Kapolresta Banda Aceh beri kuliah umum di Fisip USK
Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irawan saat sesi foto bersama usai beri kuliah umum, dengan jajaran staf pengajar dan mahasiswa FISIP USK, Jumat (10/3/2023). FOTO : Fisip USK

POPULARITAS.COM – Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irawan, Jumat (10/3/2023) beri kuliah umum didepan ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) USK. Acara yang dilangsungkan di Aula kampus tersebut, periwara menengah itu memberikan materi perihal hak dan kewajiban warga negara.

Dalam paparannya, Kapolresta menerangkan tentang hak-hak warga yang harus dipenuhi oleh negara. Namun, terdapat juga kewajiban masyarakat yang harus dijalankan untuk bangsa dan negara. Karenanya, ketertiban masyarakat akan senantiasa tercipta jika setiap warga negara memahami hak-hak dan kewajibannya masing-masing, serta menjalankan hal tersebut dengan penuh kesadaran.

Contoh kecil, kata Kapolresta, masih banyak warga Kota Banda Aceh yang hingga saat ini belum memahami tentang pentingnya displin dan mematuhi peraturan lalu lintas. Hal tersebut terlihat masih saja ditemui beberapa oknum warga yang secara sengaja melanggar aturan berlalu lintas.

Nah, dalam konsep inilah pentingnya kesadaran dari setiap warga. Ketika seseorang telah menjalankan hak dan kewajibannya dengan sepenuh hati maka seseorang sudah dapat dikatakan sebagai warga negara yang baik, dan bermanfaat bagi orang lain.

Aceh sebagai daerah yang menjalankan Syariat islam dalam kehidupannya, seharusnya nafas dan gerak, serta perilaku harus mencerminkan sebagai umat muslim yang baik. Sebagai contoh soal memakai helm, hal tersebut harus dipahami sebagai bentuk kesadaran diri pentingnya menjaga keselamatan diri, bukan karna takut ditangkap polisi.

“Menjaga keselamatan diri itu bagian dari ibadah, dan dalam islam itu hukumnya wajib,” tandas Kombes Fahmi Irawan.

Karenanya, sebagai daerah yang menjalankan Syariat islam, Aceh harus memberikan contoh dan suri tauladan yang jauh lebih baik dari daerah lain. Karna, agama di sini adalah nafas kehidupan, dan mengamalkan nilai-nilai islam dalam kehidupan sejalan dengan konsep bernegara.

Shares: