News

Kapolri Mutasi Sejumlah Perwira Tinggi

Kabaintelkam Komjen Unggung Cahyono | Foto: merdeka.com

JAKARTA (popularitas.com) – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian merombak beberapa perwira tinggi dan menengah di lingkungan korps Bhayangkara. Mutasi tertuang dalam telegram Kapolri nomor: ST/1202/IV/KEP./2019 tertanggal Jumat (26/4).

Perombakan dilakukan karena ada yang untuk persiapan pensiun dan kenaikan jabatan. Berikut sejumlah petinggi Polri yang terkena mutasi:

1. Kabaintelkam Komjen Unggung Cahyono

Kabaintelkam Komjen Unggung Cahyono dimutasi menjadi Pati baintelkam. Mutasinya ini dalam rangka pensiun. Selain Unggung, Irwasum Komjen Putut Eko Bayu Seno juga dimutasi menjadi Pati Itwasum dalam rangka pensiun.

“Ya menggantikan yang purna tugas Pak Irwasum dan Pak Kabik serta selain itu promosi serta tour of area dan tour of duty dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

2. Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin

Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin dimutasi dan diangkat menjadi Asops Kapolri. Posisi Kapolda Papua akan diisi oleh Brigjen Rudolf Albert Rodja.

Secara otomatis Brigjen Rudolf Albert Rodja meninggalkan kursi Kapolda Papua Barat. Posisi yang ditinggalkannya akan diisi Brigjen Herry Rudolf Nahak yang kini menjabat Dirtipidum Bareskrim Polri.

3. Kapolda Nusa Tenggara Barat Irjen Achmat Juri

Selain itu, posisi Kapolda Nusa Tenggara Barat juga diganti. Kapolda NTB saat ini Irjen Achmat Juri dipercaya menjadi Gubernur Akpol Lemdiklat Polri. Untuk posisi Kapolda NTB selanjutnya akan dijabat Brigjen Nana Sujana.

4. Irjen Pol Rudy Sufahriadi

Irjen Pol Rudy Sufahriadi dari Asisten Operasi Kapolri diangkat menjadi Kapolda Jawa Barat. Rudy akan menggantikan Irjen Agung Budi Maryoto yang dipromosikan menjadi Kabaintelkam Polri dengan pangkat jenderal bintang tiga. Dia menggantikan Komjen Unggung Cahyono yang akan memasuki masa pensiun.

Hal ini tercantum dalam Surat Telegram Kapori nomor ST/1202/IV/KEP/2019 tanggal 26 April 2019.

5. Gubernur Akademi Kepolisian Irjen Rycko Amelza Dahniel

Sementara itu Gubernur Akademi Kepolisian Irjen Rycko Amelza Dahniel akan menempati posisi baru sebagai Kapolda Jateng. Rycko menggantikan Irjen Condro Kirono yang akan menjabat Kabaharkam dan mendapat promosi menjadi Komjen.

Posisi Gubernur Akpol akan diisi oleh Irjen Achmat Juri yang saat ini masih menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat.*

Sumber: Merdeka.com

Shares: