News

Kasus gagal ginjal akut di Aceh kembali bertambah

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Aceh Mellani Subarni membesuk anak-anak pasien gagal ginjal akut yang menjalani perawatan di RSUD Zainoel Abidin, Banda Aceh, Sabtu (22/10/2022)
Kasus gagal ginjal akut di Aceh kembali bertambah
Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Aceh Mellani Subarni membesuk anak-anak pasien gagal ginjal akut yang menjalani perawatan di RSUD Zainoel Abidin, Banda Aceh, Sabtu (22/10/2022). Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA menyebutkan kasus gagal ginjal akut pada anak di daerah ujung barat Sumatra itu kembali meningkat.

Berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Aceh pada Sabtu (22/10/2022), kasus gagal ginjal akut di daerah ini bertambah 3 kasus.

Hal tersebut disampaikan MTA kepada wartawan, usai mendampingi kunjungan Pj Gubernur Aceh di Hutan Mangrove, Kota Langsa pada Sabtu (22/10/2022).

“Sebelumnya ada 31 anak yang menderita gagal ginjal, setelah dilakukan verifikasi yang akut sebanyak 26 anak dan lima kasus kronis, dan hari ini bertambah 3 orang,” kata MTA.

Sementara untuk jumlah anak yang meninggal dunia, sebut MTA hingga hari ini berjumlah 20 anak. “Artinya yang meninggal mencapai 70 persen,” katanya.

Terkait dengan jenis obat yang akan dicabut di pasaran, pihaknya menyampaikan menunggu informasi dari Menteri Kesehatan.

“Semua jenis sirup harus dihentikan, jadi harapan kita semua instansi kesehatan maupun apotek harus berhenti menjual obat sirup,” pungkasnya.

Shares: