KesehatanNews

Kasus penyakit TBC di Pidie Jaya meningkat

Kasus penyakit TBC di Pidie Jaya meningkat
Ilustrasi TBC. Foto: Kumparan

POPULARITAS.COM – Kasus penyakit TBC di Pidie Jaya meningkat dalam setahun terakhir. Hasil diagnosa dan pendataan yang dilakukan oleh dinas kesehatan setempat, terdapat 43 kasus TBC.

Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (DK-KB) Pidie Jaya Eddy Azwar, dalam keterangannya, Senin (27/3/2023) mengatakan, jumlah 43 kasus yang tercata oleh pihaknya berdasarkan pendataan tahun 2022. 

Dari jumlah itu, Kecamatan Bandar Baru paling banyak warga kasus ditemui, yakni sebanyak 22 kasus. Sedangkan sisanya tersebar di enam kecamatan lainnya, berupa Panteraja, Trienggadeng, Meureudu, Meurah Dua dan Bandar Dua.

Jumlah kasus yang tercatat tahun 2022 itu, meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ujarnya Eddy Azwar. Dia melanjutkan, di tahun 2021 terdapat 22 kasus, namun dari jumlah itu sebagian besar sudah sembuh.

Eddy Azwar menerangkan, proses penyembuhan dan pengobatan TBC dapat dilakukan dengan mendatangi puskesmas atau rumah sakit daerah. Untuk biaya pengobatan, dan jenis obatnya semua ditanggung oleh negara, dan gratis.

Hanya saja, para penderita harus rajin kontrol di puskesmas dan rumah sakit terdepat, serta tidak putus konsumsi obat selama dalam proses penyembuhan.

Dari laporan yang ada, pungkasnya warga Pidie Jaya yang idap TBC rata-rata melaporkan sembuh usai rutin jalani perobatan dan konsumsi obat yang disediakan oleh negara.

Dalam proses pengobatan secara gratis itu, petugas TBC dari Dinas Kesehatan juga melakukan kontrol ketersediaan obat pasien Tuberkulosis itu, demikian Eddy Azwar.

Editor : Hendro Saky

Shares: