Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Kata Kadisbudpar Aceh Jamaluddin Setiba di Simeulue

SINABANG (popularitas.com) – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Jamaluddin, mendapatan sambutan meriah sesaat setiba di Bandara Lasikin, Simeulue, Minggu, 14 Juli 2019 siang. Kedatangan orang nomor satu di Disbudpar tersebut dalam rangka menghadiri pembukaan event Kemah Wisata Simeulue yang berlangsung nanti malam.

Jamaluddin yang tiba di kawasan kepulauan ini langsung mendapat sambutan kalungan bunga dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayan (Kadisparbud) Simeulue, Abdul Karim.

Kemah Wisata Simeulue merupakan even bertaraf internasional yang berlangsung tiga hari, sejak 14- 16 Juli 2019. Event ini berlangsung di Pantai Alaik Sektare, Desa Lantik, Kecamatan Teupah Barat (dekat lapangan bola Salur).

Kemah Wisata Simeulue merupakan salah satu program Disbudpar Aceh dalam rangka mempromosikan destinasi wisata di daerah tersebut. Event ini sengaja dihelat guna meningkatkan kunjungan para wisatawan dalam dan luar negeri ke pulau yang dikenal dengan penghasil lobster dan cengkeh itu.

Melalui even Kemah Wisata tersebut akan ditampilkan berbagai karya seni, budaya, dan kuliner khas Simeulue. Nantinya beragam seni dan budaya daerah tersebut disisip dalam beberapa agenda seperti pasar wisata, boot kuliner, festival seni budaya dan penampilan akustik. Peserta Kemah Wisata Simeulue sendiri tak hanya terdiri dari kalangan lokal, tetapi juga dari luar kabupaten kepulauan itu.

Jamaluddin mengakui kedatangannya ini merupakan kunjungan pertama kali ke Kabupaten Simeuleu. Meski niatnya untuk mengunjungi Simeulue sudah sejak lama, tetapi terkabul setelah ia menduduki jabatan sebagai Kadisbudpar Aceh.

Menurut Jamaluddin, wisatawan mancanegara semakin kagum dengan keindahan alam Simeulue. Hal ini diketahuinya dari berbagai pendapat wisatawan yang ikut menumpang pesawat bersamanya dari Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara pada hari itu.

“Minat wisatawan ke Simeulue semakin meningkat. Tadi penumpang pesawat yang saya tumpangi, mayoritas turis mancanegara. Sehingga promosi destinasi wisata di Simeulue harus terus ditingkatkan,” kata Jamaluddin didampingi Kadisparbud Simeulue Abdul Karim.

Pada kesempatan yang sama, Disbudpar Aceh bersama Disparbud Simeulue turut menyampaikan agenda lainnya yang bakal dihelat di kabupaten kepulauan ini. Menurut Jamaluddin, pihaknya telah mengagendakan kembali kejuaraan surfing skala internasional di kepulauan terluar Indonesia tersebut.

Jamalauddin berharap warga Simeulue dapat memanfaatkan momen tersebut untuk mempromosikan keindahan alam, ragam seni dan budaya daerahnya.

“Sehingga selain menjual destinasi alam laut yang indah, wisatawan juga dapat terus mengenang Simeulue dengan makanan khasnya, budayanya dan produk kerajinan yang membedakan dengan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia,” demikian harap Jamaluddin.(***)

Shares: