News

Kebakaran di Aceh Besar, 17 bangunan lenyap jadi abu

Kebakaran di Aceh Besar, 17 bangunan lenyap jadi abu
Kebakaran di Baitussalam, Aceh Besar, Sabtu (27/5/2023). Foto: Riska Z/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Sebanyak 17 bangunan yang berada di pinggir jalan Baet – Malahayati Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar ludes terbakar pada Sabtu (27/5/2023) sekitar pukul 12.00 WIB.

Api diduga berasal dari percikan api pada selang tabung gas dapur di salah satu toko. Sontak saja kebakaran itu menjadi pusat perhatian warga sekitar dan pengendara sehingga membuat jalanan jadi macet.

Kalaksa BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil melalui petugas Pusdalops Aceh Besar, Iqbal menyebutkan 16 toko yang berkonstruksi semi permanen hangus tak bersisa, sementara satu lainnya hanya mengalami kerusakan sedang.

Kondisi cuaca yang panas dan lokasi bangunan yang saling berdempetan, kata Iqbal membuat api dengan cepat merambah ke bangunan lainnya. Sehingga pemilik tidak berhasil menyelamatkan barang-barang dari toko tersebut.

“Bangunan pertokoan itu milik Azhar (60). Toko-toko itu merupakan berbagai usaha masyarakat yang menjual Mie tiram hingga bengkel,” lanjutnya.

Ia menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, dan kerugian secara material belum dapat dipastikan.

Usai menerima informasi, tambah Iqbal, pertugas Pemadam BPBD Aceh Besar mengerahkan tujuh unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian dan serta ikut dibantu empat unit armada pemadam kebakaran dari Kota Banda Aceh.

“Dalam upaya pemadaman masyarakat, TNI, Polri, Relawan Rapi, Eropa juga ikut membantu,” tukasnya.

Petugas sedang berjibaku memadamkan api yang menghanguskan belasan bangunan tempat usaha warga.

Shares: