HeadlineNews

Kelelahan, Banyak Petugas Pemilu di Aceh Sakit

Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri | Foto: Serambi Indonesia

BANDA ACEH (popularitas.com) – Padatnya jadwal pemilihan umum 2019 membuat sejumlah petugas penyelenggara dan pihak keamanan jatuh sakit. Di luar Aceh, beberapa petugas penyelenggara bahkan dikabarkan meninggal dunia karena kelelahan.

“Iya benar, banyak yang meninggal di luar Aceh. Di Lampung misalnya, ada satu orang yang meninggal, tapi kalau di Aceh belum ada (meninggal),” kata Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Samsul Bahri, saat dihubungi popularitas.com, Senin, 22 April 2019.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, ada beberapa petugas penyelenggara di Aceh yang sakit. Di antaranya di Aceh Jaya.

“Di Aceh Jaya ada petugas yang jatuh dari sepeda motor karena kelelahan,” kata Samsul lagi.

Samsul mengaku pihaknya akan mengevaluasi proses pemilihan umum yang menyebabkan banyak petugas sakit dan bahkan meninggal dunia. Namun, evaluasi tersebut baru dapat dilakukan setelah semua proses Pemilu 2019 selesai.

“Evaluasi nanti akan kita sampaikan bersama ke KPU, langkah apa yang bakal dilakukan di masa mendatang,” ujarnya.

Dia menyebutkan saat ini, KIP Aceh baru menyelesaikan tahapan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. Pihaknya bahkan mengimbau petugas agar tetap menjaga stamina dalam bertugas sehingga tidak berdampak pada kesehatan.

“Nanti kalau sudah fit baru bekerja lagi. Jadi kalau sekarang, tahapan ya baru rekap di tingkat kecamatan,” katanya.* (BNA)

Shares: