News

Indrapuri Lokasi Penanaman Perdana Percontohan Cluster Padi IP300

Ilustrasi

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemerintah Aceh kembali melucurkan program baru untuk meningkatkan pendapatan petani padi di provinsi setempat. Salah satunya dengan menanam padi dengan pola IP-300, yakni penanaman padi 3 kali dalam setahun.

Peluncuran pola tanam padi IP-300 tersebut direncanakan digelar di Gampong Lam Ilie, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, Selasa, 23 April 2019, yang dihadiri langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Lam Ilie merupakan salah satu gampong yang memiliki hamparan sawah terluar di wilayah Indrapuri.

“Peluncuran ini direncakan dihadiri langsung oleh pak Plt Gubernur. Kegiatan kali pertama ini kita lakukan di Lam Ilie, Indrapuri baru nanti kita lakukan menyeluruh,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh, A Hanan kepada popularitas.com, Senin 22 April 2019. “Kami sedang menyiapkan persiapan untuk kesuksesan acara itu,” tambahnya.

A Hanan menerangkan, IP 300 merupakan pola tanam padi sangat strategis untuk percepatan peningkatan pendapatan petani. Jenis ini, katanya, memungkinan para petani dapat panen tiga kali dalam kurun waktu satu tahun. Namun, dengan syarat utama adalah ketersediaan jaringan irigasi, dan sistem mekanisasi pertanian yang baik.

Sementara itu, staf khusus Plt Gubernur Aceh, Iskandar menambahkan, guna mensukseskan hasil maksimal bagi petani di Aceh dari padi IP 300 tersebut, dibutuhkan kerjasama yang terintegrasi antar seluruh stakeholder petanian seperti balai wilayah sungai, dinas pengairan, dinas perdagangan, dan pemerintah kabupaten dan kota.

“Apabila dikelola dengan baik, IP 300 ini dapat berkontribusi pada upaya pengentasan kemiskinan, dan mendorong peningkatan pendapatan masyarakat petani di seluruh Aceh,” ujarnya. (SKY)

Shares: