News

Kemenag Aceh Siapkan 500 Kacamata Untuk Lihat Gerhana Matahari

Gerhana matahari cincin. [Foto: Suara.com]

BANDA ACEH (popularitas.com) – Menyambut fenomena gerhana matahari yang melintasi bumi pada 26 Desember 2019 mendatang, Kementerian Agama Aceh akan membagikan 500 kacamata gerhana kepada warga, untuk bisa menyaksikan fenomena alam tersebut.

Di Aceh, gerhana matahari total itu, hanya bisa dilihat dari Pulau Simeulue dan sebagian daerah Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. Pihak Kemenag akan memusatkan observasi gerhana di halaman Masjid Baiturrahmah, Kabupaten Simeulue.

“Insyaallah Kemenag menyediakan 10 teleskop untuk pengamatan gerhana dan mempersiapkan 500 kacamata gerhana dengan filter nd5,” kata Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Aceh, Saifuddin saat dikonfirmasi, Rabu (18/12).

Saat ini, pihaknya masih mensosialisasikan gerhana matahari kepada masyarakat, dan mengecek kesiapan teleskop gerhana yang nantinya akan digunakan untuk memantau fenomena alam itu.

Di tanggal 26 Desember, pihaknya juga akan menggelar shalat gerhana matahari di masjid Baiturrahman Simeulue. Untuk provinsi Aceh, gerhana total akan terjadi pada pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB.

“Durasi gerhana seluruhnya tiga jam 47 menit 52 detik, sementara durasi gerhana total cincin dua menit 53 detik,” kata dia. Waktu gerhana matahari ini, juga berbarengan dengan peringatan 15 tahun tsunami Aceh. (DRA)

Shares: