News

Kemenag Siapkan Rp1 T Untuk Kuota Internet Pelajar

Cabdin Pendidikan Aceh, Sabang Gandeng IGI Latih Guru
FOTO ARSIP - Siswa MIN 5 Kota Banda Aceh mengikuti proses belajar secara daring di rumahnya setelah menerima materi pelajaran yang dikirim gurunya melalui whatsapp grup di Banda Aceh, Rabu (18/3/2020). (FOTO ANTARA/Khalis)

POPULARITAS.COM – Sekjen Kementerian Agama Nizar Ali menyatakan pihaknya akan menyalurkan dana Rp1,178 triliun untuk bantuan kuota internet bagi para peserta didik dan tenaga pengajar di semua tingkatan satuan pendidikan agama.

Nizar menyatakan anggaran untuk menunjang program pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi virus corona (Covid-19) itu sudah disetujui oleh Kementerian Keuangan.

“Anggaran ini dialokasikan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di madrasah, Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, dan lembaga pendidikan agama yang dikelola Ditjen Bimas Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu,” kata Nizar dalam keterangan resminya, Jumat (23/10/2020).

Nizar merinci bantuan PJJ ini akan diberikan dalam bentuk paket data internet bagi pendidik dan peserta didik. Nantinya para siswa, mahasiswa, guru dan dosen akan menerima kuota internet gratis selama tiga bulan melalui program ini.

Kemenag, kata dia, akan menjalin kerjasama dengan lima operator seluler di Indonesia untuk mempermudah berjalannya program tersebut.

“Keterbatasan paket data selama ini menjadi salah satu kendala dalam pelaksanaan PJJ di masa pandemi. Kemenag akan memberikan bantuan itu,” ujar Nizar.

Lebih lanjut, Nizar menyatakan Ditjen Pendidikan Islam, Kemenag sebelumnya telah bekerjasama dengan lima provider seluler di Indonesia untuk penyediaan kartu perdana gratis bagi civitas akademika madrasah.

Program ini sendiri sudah bergulir sejak September 2020 dan sudah dimanfaatkan pendidik dan peserta didik madrasah.

“Semua ini bagian upaya Kementerian Agama meringankan beban ekonomi orang tua saat pandemi yang bersumber dari dana di luar APBN,” kata Nizar.

Sumber: CNN

Shares: